Kuliner Ekstrim di Jogja Berbahan Hewan Darat

Kuliner Ekstrim dan Aneh di Jogja Berbahan Hewan Darat

1. Ular Cobra  Goreng / Kuah
Ramuan Tradisional Kobra Imperial Kitchen
Berlokasi di Jalan Hayam Wuruk 19 Lempuyang Wangi, Yogyakarta, Kobra Imperial Kitchen menyajikan makanan olahan dengan bahan baku ular kobra sejak tahun 1996.
Kobra Imperial Kitchen awalnya menyajikan ramuan tradisional untuk pengobatan kanker yang berasal dari empedu dan sumsum ular. Menu yang ditawarkan di Kobra Imperial Kitchen antara lain sup kobra, sate kobra, tongseng kobra, tom yam kobra, steak, hamburger dan lain sebagainya. Harga menu makanannya tak mahal, bahkan terjangkau oleh mahasiswa sekalipun. Dengan harga berkisar Rp 8.000 hingga Rp 30.000, makanan berbahan baku daging kobra sudah bisa kamu dapatkan. Untuk paket empedu, darah, dan sum-sum ular kobra dijual seharga Rp 25.000. Warung makan ini menawarkan jasa delivery untuk kawasan sekitar Jogja. Telp : (0274) 561021


2. Tongseng Tupai ( Tongseng Bajing ) Bu Romiyati
Bajing - Codhot - Tupai - Kelelawar
Bagi sebagian orang tentu tak terbayangkan bila hewan kelelawar, emprit dan tupai bisa jadi makanan lezat. Tongseng kelelawar selain rasanya yg khas, juga diyakini mampu menyembuhkan penyakit asma. Sedangkan, tongseng tupai dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Cara masaknya hampir sama dengan tongseng kambing/ayam. Setelah hewan itu dikuliti dan dibersihkan, dagingnya direbus hingga empuk, barulah dipotong & dimasak sesuai keinginan. Harga per porsi tongseng kelelawar di warung ini 7ribu, sedangkan seporsi tongseng tupai 15ribu. Warung yg berlokasi di Jl. Bantul km. 5,5, ini buka tiap pukul 15.00 - 22.00 WIB.


3. Ular Kobra, Biawak, Bulus
Ular Biawak Bulus
Perlu keahlian khusus untuk memasaknya. Karena kalau salah pengolahan, khasiat penting dari kuliner ekstrim ini akan hilang. Menu khas yg disajikan oleh Warung Kuliner Extreme adalah daging ular goreng, daging ular tongseng, empedu ular, daging biawak goreng, biawak bacem
Sudah sejak dulu biawak(mencawak-varanus salvator) dipercaya memiliki khasiat dalam pengobatan penyakit kulit. Caranya sangat mudah dan simple. Kulit biawak yang sudah dikeringkan kemudian dibakar/digoreng tanpa minyak. jika sudah kering kemudian dihaluskan dan dicampurkan dengan minyak biawak (minyak dibuat dari lemak biawak). Hasil percampurannya yang menyerupai pasta kemudian dioleskan pada bagian yang membutuhkan. Dagingnya bisa diolah sebagai tongseng/rica-rica dan dipercaya mampu meringankan penyakit asma dan menambah vitalitas.
untuk mencoba tongseng, bacem atau goreng dari daging biawak/ular bisa langsung ke Warung Kuliner Extreme di jalan wates km12,5 HP: 081226950260 ( buka setelah warung pojok tutup yaitu jam 17.00 - habis )



4. Sate Laler Pamekasan
Sate Lalat Pamekasan
Sate lalat memang tak dibuat dari hewan lalat sungguhan. Untuk membuatnya, digunakan daging ayam ataupun daging kambing pilihan. Memang tampak seperti sate pada umumnya, namun ciri khasnya adalah ukuran dagingnya yang sangat mungil, bahkan ada yang mengatakan seukuran lalat. Dari sanalah nama sate lalat atau sate laler diciptakan.Sate lalat biasanya disajikan bersama sambal kacang .Jika seporsi sate umumnya berisi 10 tusuk sate, maka lain lagi dengan sate lalat. Karena ukurannya yang kecil-kecil, maka seporsi sate lalat bisa berisi 20 tusuk sate. Di daerah Pamekasan, biasanya sate lalat dijual dengan kisaran harga Rp. 7.000,00 hingga Rp. 12.000,00 perporsinya.

5. Sate Kere
Sate Kere Gajih Sapi( Koyor / Urat)
Sate kere Jogja , makanan satu ini adalah salah satu masakan atau makanan khas daerah Jogja/Solo , Cara membuat Sate kere sendiri tidak lah susah , rasanya nikmat layaknya sate pada umumnya . Namun tahukah anda bahan dasar membuat sate kere itu bukanlah daging namun tempe gembus dalam istilah jawa atau ampas tahu . Dipotong-potong seperti daging yang akan di tusuk sate , dan bumbunya pun mirip sate pada umumnya namun sate kere jauh lebih murah . Akhir-akhir ini saya jumpai sate kere namun berbahan gajih / lemak sapi ( koyor) , jadi itu palsu karena sate kere yang asli berbahan tempe gembus.
6. Ceker
Tumpukan ceker ayam
Ceker Ayam yang digoreng lalu dibumbui dan disajikan dengan sambal yang amat sangat super duper pedass..Sebagian orang masih menganggap bahwa ceker ayam dapat menimbulkan kista. karena di kaki ayam ini masih tertimbun zat-zat sisa dari suntik hormon yang digunakan oleh para peternak untuk membantu tumbuh kembang ayam.
7. Sate Brutu
Sate Brutu Podomoro
Sahabat semua sewaktu masih kecil pasti pernah dilarang oleh orang tua untuk tidak memakan yang namanya Brutu Ayam (tunggir, bhs Sunda) kenapa ya? tiap mereka ditanya alasanya tidak mau kasih jawaban yang spesifik, "Huss ojo di pangan le engko mundhak bodo Sekolahe" kalau orang tua saya sendiri katanya bikin bodoh dalam pelajaran. Tapi saya pikir itu hanya mitos saja nyatanya saya makan biasa biasa saja. Justru bagian brutu (pantat ayam) inilah yang paling enak, secara gitu lho..bagian brutu ini banyak menganduk lemak. "Ahh...paling di bohongi saja biar brutunya dimakan bapak", gitu pikirku. Di Indonesia ini pada umumnya brutu ayam dijual tetap menempel pada tubuh ayam, berbeda waktu saya merantau di negeri sebrang yaitu Sarawak - Malaysia, disana setiap anggota badan ayam dijual terpisah. Kalau sayap, isinya sayap semua, kalau brutu, isinya brutu semua dalam 1 kg. Dari aroma asapnya saja sudah tercium ciri khas brutu yang memang aromanya gurih dan pasti nikmat karena terbayang empuk-nya itu. Lalu bagaimana cara membuat sate brutu ayam agar rasanya benar benar enak, nikmat dan pastinya ma' nyusss...?? beli aja biar gampang.
8. Sate Kuda
Sate Jaran / Sate Kuda
Pak Kuntjoro adalah salah satu pemilik warung sate kuda di Jogja, konon katanya warung Pak Kuntjoro ini adalah perintis warung sate kuda di kawasan Jogja dan Jawa Tengah. Dari tekstur dan rasanya daging kuda berbeda dengan sate ayam, kambing, maupun sapi. Daging kuda memiliki tekstur yang lebih empuk dan mudah dicerna oleh lambung serta rendah kolesterol. Daging kuda ini diolah sedemikian rupa dengan bumbu rempah-rempah rahasia sehingga menjadi hidangan yang lezat. Jika inginmencoba, silakan kunjungi warung sate kuda Pak Kuntjoro yang terletak di Jalan Kranggan 64A.

9. Sate Landak
Sate Landak Lavida
Di warung Lavida ini juga menjual berbagai macam masakan berbahan dasar landak, seperti rica-rica, oseng-oseng sampai tongseng landak. Dan disitu juga tertulis jual menu spesial derkuku goreng. Lokasinya berada di depan SLTP 4 Muhamadiyah Delanggu ( Jl Raya Solo-Jogja )



10. Bacem Kepala Kambing


bacem kepala kambing jogja
Berbagai macam olahan daging kambing yang sudah sangat umum kita temui di Indonesia : Gulai kambing, sate kambing dan tongseng kambing. Kepala kambing yang mungkin bagi orang awam terdengar mengerikan ternyata dapat diolah menjadi masakan istimewa oleh H. Sukirman. Beliau pemilik warung bacem kepala kambing yang terkenal di Yogya tepatnya terletak di antara perumahan dekat pasar Kolombo, Jalan Kaliurang km 7. Di warung ini pembeli dapat memilih sendiri organ bagian kepala mana saja yang hendak disantap, seperti otak, lidah, telinga, mata, dan daging pipi. Organ-organ tersebut telah dibacem sehingga menghasilkan paduan rasa antara manis dan gurih yang membuat pembeli ketagihan. 
Petunjuk Jalan - Street View

11. Torpedo Kambing
Torpedo Kambing Penambah Stamina Pria?
Torpedo kambing ini dimasak Sop di Warung Sop Kaki Kambing Bang Udin  di sebelah barat RS. Panti Rapih Yogyakarta jl Cik Di Tiro Yogyakarta .Telpon : +62 274 450390, +62 274 554007, +62 818 469 508Pengunjuang dapat memilih sendiri  torpedo yang akan disantap. Torpedo kemudian diiris-iris bersama dengan jeroan seperti paru, limpa, dan lain-lain. Setelah ditambahkan emping, irisan tomat, dan daun bawang, kemudian disiram dengan kuah bersantan yang harum dan lezat. Tentu saja, torpedo kambing Daging torpedo yang berwarna putih ini ternyata sangat empuk dan benar-benar tanpa perlawanan ketika digigit. Sesekali kuah sop yang lezat menemani gurihnya torpedo yang rasanya memang lebih lembut dari kebanyakan jeroan lainnya.
Warung yang buka dari jam 17.00 – 23.00 ini mematok harga Rp.7.000,- untuk torpedo ukuran kecil, dan Rp. 14.000,- untuk ukuran besar (Harga Oktober 2009). Bagaimana dengan khasiatnya? Coba juga Sop Kaki Kambing Bang Doel di sebelah apotek kentungan ringroad utara

12. Sego Koyor Santan
Sego Koyor Bu Parman

Sego Koyor ( Nasi Urat Sapi ). Warungnya Sederhana, Tapi artis-artis yang pernah datang ke jalan brigjend katamso 111 ( depan bengkel ). Urat atau koyornya benar-benar empuk, dipotong dengan sendok pun akan begitu mudah. Koyor tersebut jika disajikan kepada pelanggannya memiliki pasangan setia berupa oseng-oseng labu siam (jipang). "Iwan Fals beberapa kali pernah makan di sini setelah konser. Selain itu, Vicky Nitinegoro, Doni Kusuma, Toro Margen, Butet Kertaradjasa juga beberapa kali pernah makan di sini," cerita Suparti. Untuk harga, anda tidak usah khawatir, karena seporsi nasi koyor hanya Rp.3 ribu.
Sedang untuk beragam lauk, harganya mulai dari Rp.1000 hingga Rp.6 ribu(gorengan, ayam goreng, telur, hingga babat). Buka jam 22.00 - 04.00

13. Kadal
Kadal Kebun
Bagi teman-teman yang kena penyakit kulit, ataupun asma ,dan sudah pernah mendengar cerita kadal sebagai obat, barang kali mau mencoba silakan ,namanya mencoba apa salahnya siapa tau ini adalah obat yang cocok untuk penyakit anda.

14. Kelinci 
Di Pegunungan sudah banyak yang menjual daging unik ini, yaitu kelinci, tongseng kelinci dan lain lain. Daging kelinci ini sudah mulai merata sama dengan daging ayam. Anda bisa menjumpainya di Tlogo putri Kaliurang ataupun di beberapa tempat di jogja. Tinggal memesan daging kelinci mau dimasak apa.

15. Anjing ( B1 )
Rica B1 dan B2 di Jogja
Anjing sekarang lebih banyak dikenal sebagai sahabat manusia. Tetapi konsumsi daging anjing di yogyakarta juga masih banyak. Aktivis Animal Friend Jogja (AFJ), Angelina Pane, berkata satu pemasok anjing ke Yogyakarta bisa mengirim sekitar 60 anjing dari wilayah Jawa Barat untuk disetorkan ke penjual tongseng atau sate jamu di wilayah Yogyakarta. Agar konsumen nyaman dan tidak terganggu dengan bau amis atau bau apek khas, maka anjing yang akan dipotong dibuatkan tempat tersendiri. Limbah pemotongan anjing juga dibuang di tempat tersendiri sehingga tidak mencemari lingkungan. Untuk satu porsi daging anjing yang dimasak tongseng dijual dengan harga Rp15.000, jika ditambah nasi dan minum Rp20.000. "Kalau ada konsumen yang membeli daging mentah maka per kilogramnya dijual Rp60.000," ujar pria yang sudah 10 tahun menjadi penjual daging anjing dan enggan disebutkan namanya
Daftar warung sengsu ( tongseng asu / tongseng anjing ) Jogja:

  • Jetis (perempatan jetis depan STM Jetis)
  • Sengsu pojok concat (utara lapangan ganjuran condong catur)
  • Prapatan Cebongan Sleman (tanya orang sekitar)
  • Sengsu Kalasan (deket ringin kalasan)
  • Sengsu terminal Jombor (dalam lokasi terminal tsb)
  • Sengus terminal concat (dlm lokasi terminal jejer yg jualan lapen)
  • Sengsu Murad concat (kelurahan concat ke utara –>permanen)
  • Sengsu Babarsari (timur pom bensin bbrsari, depan SMA 1 dpk)
  • Sengsu Jl. Solo (selatan jalan, 1 km dari bandara adisucipto)
  • Segsu bokoharjo (Jalan depanRS.Panti Rini –> kira 300m dari teteg sepur)
  • Sengsu Bogem
  • Sengsu Klepu (sekitar Gua Maria Jatiningsih)
  • Sengsu Sendang Sono (Dlm Lokasi Gua Maria Sendang Sono)
  • Sengsu Mataram (depan eks Bioskop Mataram)
  • Sengsu Semaki (Barat Makam Pahlawan semaki, depan SMTI)
  • Sengsu Jagalan (depan Jl.Jagalan, deket2 Sayidan)
  • Sengsu Plengkung Gading (udah pindah tp deket2 situ kok)
  • Sengsu Winongo (jl. bantul, sebelah selatan Jembatan Winongo)
  • Sengsu Palbapang (deket lapangan)
  • Sengsu Ganjuran ( dikawasan lokasi candi ganjuran , ada 4 lokasi silahkan milih)
  • Sengsu Tembong Ganjuran (dimasak kurang dari 5 menit –> Ganjuran keutara 300M terus belok kebarat)
  • Sengsu sodara winongo 1 (deket sengsu tembong)
  • Sengsu sodara winongo 2 (deket sengsu tembong)
  • Sebelah barat JEC( seberang STTL)
  • Sengsu njonangun ( lor prapatan njonangun)                        
  • Sengsu beneran ( pinggir jl dan didlm beneran)
  • Sengsu bunder
  • Sengsu tanen 2 tempat
  • Sengsu tebonan
  • Sengsu jodani
  • Sengsu kronggahan
  • Sengsu trubus pangukan sleman
  • Sengsu Rinto Warak sleman
  • Sengsu Kulon pasar serangan
  • Sengsu Kidul joglo mlati sleman
  • Sengsu Ngandong
  • Sengsu manggur utara BPD DIY sleman.



16. Embrio Monyet
Pernah terdengar ada yang menjual embrio monyet untuk obat atau dalam bentuk masakan. tapi masih dipertanyakan keberadaannya. 

17. Bola Mata Sapi
Seorang teman pernah membelinya dan mencoba memakannya setelah ditawari oleh penjualnya. ternyata enak juga katanya. Tempat yang menjual bola mata sapi berada satu tempat dengan sego koyor Gondomanan.

18. Otak Sapi
Otak Hewan ( sapi )
Kedai Sapi yang terletak di Jl. Ngadinegaran MJ III / 123 Yogyakarta, ( 0274 – 65207075 ) hadir di Jogja sejak tahun 2007 menawarkan sajian khas nusantara yang menyajikan spesial iga bakar dengan harga terjangkau. Buka mulai pukul 11.00 – 22.00 Wib. Kedai Sapi juga melayani Delivery order tanpa minimal dengan charge Rp 5.000,- untuk batasan dalam ringroad. Ingin mencoba sop otak, otak goreng? Mongo mampir gan..


<<      >>


1 2 3 4 5 6 7