Daftar Wisata Waduk, Danau Buatan, Embung dan Telaga di Jogja

Wisata Air di Jogja Selain Pantai dan air terjun, kita bisa bermain juga ke waduk, danau, embung
( bendungan ). biasanya kalau pagi dan sore hari bisa juga untuk jogging, lari, mancing.
nah ini daftarnya :
Yang ingin tau tempatnya, langsung klik gambar di bawah untuk petunjuk arah mengemudi


1. Embung Tambak Boyo | Peta Lokasi - Street View - Foto
Embung Tambak Boyo
Embung ini sebenarnya adalah danau buatan yang ditujukan untuk air resapan dan cadangan air untuk warga sleman. Keisitimeawaannya adalah lahan yang luas dan hijau. jadi perasaan lega , luas, lapang, dan kenyamanan di sekitar waduk. Selain mancing dan jogging, anda bisa melakukan olah raga air seperti jetsky, dayung kano, dll. Tiket Rp 1.000.


2. Telaga Klampok Giricahyo | Peta Lokasi - Foto
Alamat: Dusun Jambu, Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Tlaga ini biasanya digunakan masyarakat sekitar untuk lomba mancing dll.

3. Embung Kleco | Peta Lokasi - Street View - Foto
Embung Kleco
Walaupun tidak sebesar waduk sermo, tapi pemandangan alam dari waduk kleco sangat bagus. Kita dapat melihat hamparan pohon - pohon ,bukit dari atas waduk, gunung merapi.

4. Embung Nglanggeran | Peta Lokasi - Street View - Foto
Embung Nglanggeran

Beginilah tampak dekat embung nglanggeran yang telah mencuri perhatian kami ketika berada di atas gunung api purbakala pathuk gunung kidul yogyakarta. Walaupun dananu buatan yang dibuat di atas bukit gunung kidul dan dekat kebun buah ( nglanggeran ), tapi bagus loh.. Tiket : Rp. 7.000 (parkir+masuk). Alamat: Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862


5. Embung Batara Sriten | Peta Lokasi - Street View
Embung Batara Sriten
Embung Batara Sriten yang berlokasi di puncak tertinggi wonosari diharapkan sebagai tempat agro wisata ini berada kira-kira di ketinggian 880 Mdpl dibawah bukit Magir. Dari puncak Magir kita dapat melihat Rowo Jombor yang berada di Klaten. Embung Sriten ini berada di Desa Pilangrejo, Nglipar, Gunungkidul. Jalan yang masih bebatuan skitar 5km memaksa anda untuk menggunakan kendaraan yang sesuai. 

6. Embung Serut Sukunan | Peta Lokasi - Foto
Embung Serut Sukunan
Sebuah daerah tangkapan air, di wilayah Dusun Sukunan, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Lokasi Embung Serut Sukunan ini berada di dalam wilayah pengembangan kota atau di dalam jalan lingkar kota Yogyakarta (Ring Road). Embung Serut Sukunan berada di antara wilayah padat penduduk dengan berdirinya berbagai perumahan yang ada di sekitar embung ini.


7. Embung Langensari | Peta Lokasi - Street View - Foto
Embung Langensari
Merupakan embung yang pertama kali dibangun di wilayah kota Yogyakarta untuk revitalisasi keberadaan danau buatan milik PJKA (sekarang PT KAI) akan kebutuhan air Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Konsep pembangunan kembali Embung Langensari berbeda dengan sebelumnya dimana akan dikembangkan lebih dari sekedar tempat peresapan air di daerah perkotaan. Proyek pembangunan embung yang dilakukan secara bertahap nantinya akan dikembangkan sebagai kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan taman rekreasi masyarakat.
Embung Langensari (dapat disebut Situ Langensari) berada di kelurahan Klitren, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta. Embung memiliki kapasitas tampung air sebesar 9.780 m3, luas 5.890 m2 dengan kedalaman sekitar 2-3 m.

8. Embung Kaliaji | Peta Lokasi -  Foto
Embung Kaliaji
Mungkin belum banyak yang mendengar tentang Embung Kaliaji, Embung ini sudah memberikan sedikit pemandangan yang tentunya enak dilihat. Warga sekitar banyak menggunakan Embung ini untuk sekedar memanjakan mata dengan pemandangan yang masih alami dan serta udara desa , banyak juga di pagi hari warga menggunakannya untuk sekedar olahraga ringan. 
Alamat : Dusun Sangurejo, Turi, Sleman, Yogyakarta.

9. Waduk Mini Banjaroya | Peta Lokasi - Street View
Waduk Mini Banjaroya
Obyek wisata Embung Banjaroya ini juga menawarkan hijaunya pemandangan perbukitan menoreh. Adanya replika buah durian ini menunjukkan bahwa Kalibawang merupakan salah satu sentra buah durian terbaik di perbukitan menoreh. Ketika musim durian tiba, sering diadakan festival durian di daerah Kalibawang ini. Background berupa Gunung Merapi dan Merbabu akan menambah suasana pagi dan pemandangan sunrise di kawasan ini semakin indah. dan oleh karena gazebo yang tersedia minim, dan pohon di sekitar juga minim, disarankan untuk tidak kesini pada terik siang hari.
Alamat :  Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten KulonProgo

10. Waduk Kalibiru | Peta Lokasi - Street View - Foto
Waduk Kalibiru
Waduk wisata alam yang ada di kulon progo ( west prog ) ini sedang ngehits. jadi so pasti tempat wisata yang teduh, bagus buat foto dan selfie/ wefie , banyak warung, dan lokasi parkir yang tidak jauh membuat orang betah untuk berkunjung dan bermain kesini untukmenikmati pemandangan atau outbond flying fox.


11. Waduk Sapari | Peta Lokasi - Foto
Waduk Sapari
Waduk ini terletak dekat dengan waduk Sermo. Pemandangannya sebelas duabelas alias mirip.


12. Waduk Sermo | Peta Lokasi - Street View - Foto
Waduk Sermo Kulon Progo
Untuk menikmati keelokannya, kita dapat mengelilinginya dengan berkendara atau dapat pula menyewa perahu wisata dan menyusuri tiap sisinya. Hijaunya Perbukitan Menoreh adalah latar mempesona yang menjadikannya tampak seperti telaga alami jika dilihat dari kejauhan. Selain untuk berwisata, waduk ini juga menjadi tempat favorit mereka yang hobi memancing. Ikan "Setan Merah" adalah jenis ikan yang biasa menyambar umpan para pemancing karena ikan predator jenis inilah yang banyak menghuni waduk. Tak hanya itu saja, Waduk Sermo juga dikenal memiliki senja yang elok sehingga wajar rasanya bila banyak orang menghabiskan waktu sore mereka di sini. Waduk Sermo merupakan satu-satunya waduk yang ada di Jogja. 

13. Waduk Gagak Suro | Peta Lokasi - Street View - Foto
Waduk Gagak Suro
Angin yang sembribit, duduk santai di pinggir waduk gagak suro, di bawah pohon merupakan keindahaan dan ketenangan batin yang bisa juga dicari di dekat wisata air. Anda juga bisa mancing ikan disini.

14. Sendang NgembelPetunjuk Jalan Foto 360 - Foto
Sendang Ngembel
Kesan pertama menyaksikan Sendang Ngembel begitu mistis namun exotic. Dipenuhi air berwarna kehijauan bercampur lumut. Katanya, air di sini tidak pernih kering, jadi dimanfaatkan warga sebagai pengairan sawah, beberapa warga juga terlihat mengail ikan di sini. Di tengah sendang ngembel, terdapat sebuah “pulau” kecil yang mirip seperti dermaga kapal yang ditumbuhi 3 pohon cemara.
Alamat : Dusun Beji Wetan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

15. Embung Krapyak ( Embung Tirtoagung ) | Petunjuk Jalan - Foto
Embung Krapyak Sleman Jogja
Seyegan yang merupakan daerah pengembang pertanian di Kabupaten Sleman, sangat bergantung pada embung krapyak ini.