Kuliner Ekstrim di Jogja berbahan dasar Hewan Laut

Kuliner Ekstrim dan Aneh yang ada di jogja tetapi enak berbahan dasar Hewan Laut

1. Undur Undur Laut
bermacam macam olahan hasil undur undur laut
Hampir di sepanjang pantai dari glagah hingga pantai parangendog menjajakan makanan ekstrim ini. Undur undur laut yang dibumbui lalu digoreng sehingga berwarna kemerahan ini dijajakan sekitar 5000 per porsinya. Undur undur laut ini ada yang dijadikan peyek undur, sate undur laut, bakwan undur undur, atau hanya digoreng sebagai cemilan. 

2. Jingking / yuyu
peyek diolah menjadi peyek
 Hampir serupa dengan undur undur laut, Jingking ini dimasak menjadi peyek jingking, Banyak dijajakan bersama dengan undur undur laut dan rumput laut goreng, tepung.

3. Hiu / Pari
olahan masakan ikan hiu dan ikan pari
Hiu biasanya diambil siripnya untuk sup hisit, tetapi jogja( selain di bali ), kami menemukan sate hiu yang berlokasi di dekat selokan mataram - MM UGM. Penggemar sate hiu sudah banyak yang mencobanya kesana.
Alamat : Sate Hiu Hercules - Jl teknika MM UGM.
selain itu anda dapat memilih untuk memakan daging hiu di pantai depok ( sebelah barat pantai parangtritis ) dan memilih warungnya untuk dipakai jasa memasaknya atau untuk dibawa pulang.
Ikan pipih dengan ekor panjang ( ikan Pari ) ini jika salah memasaknya maka akan menimbulkan bau pesing.
Tips berwisata di Pantai Depok :
*Ketika sampai di pantai maka segeralah menuju kios kios ikan laut yang banyak berjejer di tempat tersebut
*Pilihlah berbagai macam ikan sesuai dengan selera dan keuangan anda, cara paling mudah dalam memilih ikan yang segar adalah dengan melihat matanya, masih jernih atau sudah kusam atau keruh, atau dibaui dan dipegang, kalau masih baru terasa kenyal.
*Bawalah ikan tersebut ke warung yang ada di sebelahnya agar dimasak sesuai permintaan anda.
*Untuk menghindari antrian panjang membeli dan memasak ikan maka akan lebih baik bila anda berkunjung ke pantai Depok ini pada pagi hari.
*Hindari berkunjung ke Pantai Depok ini pada hari Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon karena para nelayan pada hari itu libur melaut menurut kepercayaan masyarakat setempat.

4. Landak Laut
landak laut diproses untuk dimasak
Untuk bisa dimakan, landak laut dikepras dulu durinya hingga rata dan kemudian dipecah menggunakan alat pemecah. Daging yang ada di bagian dalam landak laut kemudioan dicongkel. Biasanya warga mencari landak hanya berbekal ember, saringan kelapa, sabit, dan topi kepala untuk menghindari panas.
Landak laut yang didapat biasanya diberi bumbu berupa garam dan cabe kemudian digoreng. Menurut penduduk, daging landak laut cukup kenyal dan lezat. Sayangnya, tak banyak penduduk yang menjual makanan yang eksotik itu. Tapi kalau mau memesan, coba saja meminta pada salah satu penduduk untuk memasakkan. Siapa tahu, anda juga bisa berbagi ide tentang bagaimana memasak landak laut sehingga warga pantai Ngobaran bisa memakai pengetahuan itu untuk berbisnis meningkatkan taraf kehidupannya.



<<      >>


1 2 3 4 5 6 7