Daftar Kuliner Extrim di Jogja Dari Hewan Air Tawar

Daftar Kuliner Extreeme di Yogyakarta berbahan dari  Hewan Air Tawar :

1. Ikan Sidat / Unagi / Glass Eel
Warung Ikan Sidat Bu Is
Ikan yang hidup di sumber mata air yang mengalir ini bisa dibilang ikan bersyarat untuk menangkapnya. Karena dipercaya mempunyai mistis. Tetapi di Warung Sidat Bu Istiana Jalan Pangeran Purboyo Kios Warak No.01 Sumberadi Mlati Sleman. Sekitar 500 meter ke utara dari pasar Cebongan. buka jam 11.00-malam. Telp (0274) 7168468. Ikan sidat kini menjadi menu menarik. ikan sidat disini dimasak : Pepes, Rica-Rica, bakar atau digoreng.

2. Belut / Eel
Menu Kebelet Belut
Di jalan Ipda Tut Harsono no. 42 Timoho Yogyakarta ada sebuah tempat makan baru yang spesialis meyajikan masakan belut bernama Kebelet Belut. Tempat makan ini memiliki menu andalah garang asem belut dan belut elek.
Sambel Welut Pak Sabar
Atau bisa ke Sambal Belut Pak Sabar merupakan yang warung makan tradisional yang ada di Jogja. Warung Belut Pak sabar terletak di Kampung Dokaran, Banguntapan, Bantul. Dari Jalan Sisingamaraja, Bantul, terus ke arah selatan sampai pertigaan ngoto lalu belok kiri. Setelah jembatan ada masjid di kanan jalan dan setelah masjid ada jalan kecil. Dari sini, Warung Belut Pak Sabar sudah terlihat.
3. Bekicot
Sate Bekicot
Kripik, sate, rica rica , crispy dan tongseng bekicot kini banyak diminati orang bukan hanya karena kelezatannya saja, tetapi juga karena manfaatnya yang cukup banyak bagi tubuh kita. Manfaatnya antara lain untuk menambah vitalitas tubuh serta menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti asma dan gatal-gatal. Nah kan para traveler sejati yang lagi terkena serangan gatal-gatal sepertinya harus segera mencoba sate keong ini biar cepat sembuh. Jogja Keong, Lesehan Sate Rica Rica Bekicot. Jl Anggajaya II no 44B Krangkungan, Condong Catur, Sleman Jogja. Atau di Spesial Kerang Afrika - Keong jogja. Kini Sate Keong, Sate Kerang, Sate Bekicot sering dijumpai di angkringan angkringan dekat Tugu Jogja.

4. Keong Mas
Keong Mas
Hampir sama dengan bekicot. jenis keong ini yang dimasak adalah keong yang berada di sungai, bukan yang berada di sawah. Cara pengolahan daging keong emas pun juga sama. Dari sate, hingga crispy ada di Jogja Keong - Lesehan Sate Rica Rica Bekicot. Kini Sate Keong, Sate Kerang, Sate Bekicot sering dijumpai di angkringan angkringan dekat Tugu Jogja.

5. Keong Kol Nenek
Keong Kol Nenek RM Handayani Jogja
Ada salah satu favorit di sini yaitu Kol Nenek Mak Erot. Ini merupakan menu makan yang berasal dari kerang yang dimasak sup dengan bumbu tauco.  Asal mula nama Kol Nenek itu sendiri memang nama asli sebutan kerang tersebut, di daerah Jawa Timur. Di Jawa Tengah makanan ini dikenal sebagai ‘kol nenek’, lain halnya dengan di daerah Jawa Barat yang menyebutnya sebagai tutut monyong.Ukuran keong ini tidak begitu besar kira-kira seruas jari saja dan biasanya ditemui di restoran bermenu Jawa. Di RM Handayani, kol nenek disajikan mirip sup tetapi dengan kuah berwarna kehitaman. Rasanya agak gurih dengan irisan cabai merah yang besar-besar. Kol Nenek Mak Erot ini merupakan best seller di resto ini. Selain itu, kol nenek mak erot sangat sangat digemari kaum pria karena bisa bikin greng. Kuliner Jogja ini seharga Rp39.000 ini hanya bisa didapatkan di RM Handayani yang beralamat di Jl. Laksda Adisucipto km.6 no.48 B jogja.

6. Bulus / Kura Kura Sawah / Labi Labi / Phi-Oh
tongseng bulus kranggan jogja
Dipercaya empedunya mampu menyembuhkan sakit asma, dagingnya menambah vitalitas, minyaknya terbukti dapat mengencangkan kulit dan menghilangkan kerutan serta menyamarkan bekas luka. Kami menyediakan bulus hidup dengan berbagai ukuran. Anda bisa datang ke tempat kami, memilih bulus yang diinginkan, kemudian bisa dimasak sesuai permintaan (untuk diambil empedu atau dagingnya, untuk minyaknya tidak semua bulus menghasilkan minyak, hanya yang berlemak banyak yang berminyak; oleh karena itu minyak dijual dalam bentuk botolan).
Harga bulus: Rp. 100.000/kg (dapat berubah sewaktu-waktu)
Harga minyak: Rp. 50.000/ botol kecil (dijamin 100% asli tanpa campuran).
NB: Bisa juga beli hidup-hidup untuk yang menginginkan dipelihara kembali
Di jl Kranggan kios no.1 Jogja, dari segi rasa, sebenarnya tongseng bulus cukup enak. Begitu pula dengan sate bulus. Hanya saja, memang daging bulus sedikit amis. Tapi, setelah terbiasa, kita tidak akan menyadarinya, dan tentu saja akan terus makan dengan lahap. Harga tongseng bulus tidak mahal. Untuk membeli satu porsi tongseng bulus, kita hanya perlu membayar Rp. 12.000,- saja. Sedangkan untuk membeli satu porsi sate bulus yang berisi 5 tusuk, kita harus membayar Rp. 15.000,-. Seringkali ada pembeli yang datang khusus untuk membeli tangkur bulus. Dibandingkan dengan dagingnya, harga tangkur bulus jauh lebih mahal, sekitar Rp. 25.000,-. Konon, tangkur bulus sangat bermanfaat bagi para lelaki yang ingin meningkatkan kejantanannya.
Alamat Kolam : Cokrodiningratan JT2 NO : 221 RT.16 RW.04 JOGJA
Alamat Warung : Jl Kranggan no.1
Telp : (0274)542601 / 08179412432

7. Iwak Kali
Ketika menyebut iwak kali di jogja, yag terbesit adalah ikan ikan yang berasal dari kalen (sungai kecil). Maka dari itupun ikannya terdiri dari : Belut, Wader, Udang, Cethul, Kuthuk, Kotes,. Adapun menjual Lele dan Nila, tetapi ikan ini sudah tidak asing lagi di kuping kita.
Coba saja mampir ke Warung Makan Iwak Kali Cowek Munthu di Dusun Kadisono, Margorejo, Tempel, Sleman. Atau Warung Makan Iwak Kali Pak Suko di Desa Sampangan, Baturetno Banguntapan, Bantul.
8. Katak
Kaki Katak
Swikee umunya orang bilang. Katak yang digunakan adalah katak yang tidak beracun. jadi aman dikonsumsi. Kodok yang dimasak menjadi swikee goreng tepung, rica, atau pedas manis, maupun saus tauco. Di Jogja warung swike yang terkenal adalah Swike Ny Teguh 0878-3930-3075 . Terletak di Jalan Magelang km 5, warung buka mulai dari pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB. Menu yang ditawarkan juga cukup beragam, antara lain swike semur, swike saus tiram, swike kuah tauco dan masih banyak lagi. Harganya tidak cukup mahal yaitu dibanderol mulai dari Rp 12.000. Pilihan kedua di warung Swike Purwodari di jalan diponegoro Atau langsung ke Bu Reso klaten tempat yang terkenal untuk masakan swikee. lokasinya di Karangduwet, Mojayan, Belakang BRI Plasa Klaten atau Plasa Matahari Klaten.

9. Telur Kodok Goreng
telur kodok untuk digoreng crispy
Kuliner telur kodok ini termasuk makanan yang mungkin sulit dibayangkan bentuknya. Bahkan bentuk telur kodok pun bisa jadi kamu tidak tahu. Masakan telur kodok ini biasanya dimasak dengan cara goreng crispy. Secara fisik, telur kodok goreng krispi ini tidak terlihat kalau bahan dasarnya adalah telur kodok. Selain digoreng krispi, telur tersebut juga terkadang disajikan dalam bentuk masakan garang asem atau dengan kuah. Masakan telur kodok di Warung Sweeke Pak Jenggot 085647079467di Dukuh Prigiwetan, Desa Jogosetran, Kecamatan Kalikotes , Klaten dimasak dengan cara goreng krispi.


<<      >>

1 2 3 4 5 6 7