WISATA AIR TERJUN DI JOGJA | YOGYAKARTA WATERFALL

Tak disangka Jogja punya banyak Air Terjun. Setelah Candi, Kuliner Ekstrim, Goa, Kebun Wisata, maka inilah daftar air terjun yang ada di jogja.

Bagi pelancong yang mencari rileks, ketenangan, semangat baru, inspirasi, dan tentunya keindahan alam, ya pergi cari air terjun. Karena suara air yang jatuh, gemuruh air terjun, suara kicau burung di antara pepohonan sangat jarang didapati di hiruk pikuk kota. Beberapa diantaranya masih jarang dikunjungi dan masih alami sehingga agak susah untuk selfie ria disana. Semoga jika terpeleset , celana jadi kotor, atau tangan penuh lumpur, akan terbayarkan setelah kamu sampai di TKP.
Ingat : musim hujan, debit air makin banyak tetapi airnya kotor penuh lumpur.

Dan Inilah  daftar Air Terjun yang istimewa di Jogja.

Kulon Progo

1. Air Terjun Curug Setawing / Jonggrangan
Curug Setawing
Keberadaan taman Pokdarwis setempat dan air yang mengalir perlahan menjadi ciri khas air terjun semakin membuatnya mempesona. Untuk rute jalan ke air terjun Curug Setawing sama dengan rute jalan ke air terjun Grojogan Sewu. Karena jika kamu ingin pergi ke grojogan sewu, kamu akan melewati jalur jalan ke air terjun Curug Setawing. Lebih tepatnya, ketika kamu sudah masuk ke jalan kiskendo dan mengambil arah ke grojogan sewu, air terjun Curug Setawing berada di kanan jalan. Untuk mengetahui jalan masuk ke Curug Setawing sangatlah mudah, warga setempat sudah memasang petunjuk arah ke air terjun Curug Setawing.


2. Air Terjun Grojogan Sewu.
    Grojogan Sewu Jogja
    Namanya sama seperti air terjun yang ada di Jawa Tengah, tapi bukan air terjun itu yang dimaksud. Air Terjun Grojogan Sewu ini terletak di Kabupaten Kulonprogo, tepatnya di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Yogyakarta. Banyaknya aliran air yang melewati jeram dan jatuh langsung ke sungai membuatnya dinamakan demikian. Airnya yang jernih sekalipun pada musim hujan membuat air terjun ini banyak diminati wisatawan. Selain itu, pohon-pohon rindang dari hutan sekitarnya membuat lokasi ini tetap teduh dan sejuk. Rute untuk menuju ke sana cukup mudah karena di sekitar pasar Jonggrangan sudah ada papan petunjuk jalan yang mengarahkan wisatawan menuju ke sana.


    3. Air Terjun Grojogan Mudal
      air terjun grojogan mudal
      Air Terjun dan Taman Sungai yang berasal dari sumber air Mudal. Sumber air tersebut keluar melalui mulut goa yang berada di tebing yang berdekatan dengan lokasi air terjun ini. Grojogan Mudal mempunyai 4 tingkatan yang letaknya saling berdekatan. Tebing yang dialiri arus air ditumbuhi berbagai macam jenis tumbuhan air. di lain sisi, tanah di sekitar air terjunnya adalah tanah merah, sehingga air terjun ini terlihat unik dan berbeda dari air terjun lain yang ada di Jogja ketika dilihat dari atas.


      4. Curug Kembang Soka
        Curug Kembang Soka
        Tidak bisa dipungkiri, potensi wisata kembang soka memang menarik karena pada dasarnya sudah indah.. Disini selain Curug Kembang Soka juga ada Curug Banyu Mili, Kali Tempuran dan Air Terjun Tempuran. Wisatawan yang kesini sebaiknya ikut menjaga kelestariannya, mengingat kawasan tersebut indah dan luar biasa. Curug Kembang Soka ini berlokasi di Jatimulyo, Girimulyo Kulon Progo.


        5. Air Terjun Watu Jonggol di desa Nglinggo

          Air Terjun Watu Jonggol yang berlokasi di desa Nglinggo Kulon Progo ini lebih asyik didatangi ketika musim hujan (pas banyak airnya). Soalnya kalau ke sana pada musim kemarau. Seperti melihat batu basah saja.


          6. Air Terjun Sidoharjo
          Air Terjun SidoHarjo

          Air Terjun Sidoharjo letaknya di Samigaluh - Kulon Progo


          7. Air Terjun Kedung Pedut
          Curug Kedung Pedut Kuoon Progo
          Air Terjun dengan 2 warna di pegunungan menoreh Yogyakarta. Di curug kedung pedut sendiri terdapat beberapa kedung yang berbeda, yaitu Kedung Merak, Kedung Merang, Kedung Lanang, Kedung Wedok dan Kedung Anyes. setiap kedung memiliki kedalaman yang berbeda sekitar 2 sampai 5 meter. Karena wisata alam kedung pedut masih dalam tahap perintisan, tentu saja untuk fasilitas memang kurang memadai. Semua fasilitas di sekitar kedung pedut merupakan swadaya dari masyarakat setempat. Tetapi untuk fasilitas seperti kamar mandi, toilet, mushola dan warung makan telah tersedia.
          Alamat: Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

          8. Curug Siluwuk – Kulon Progo
          Jurug Siluwok
          Lokasi Curug Siluwok dari tempat parkir berkisar antara 15 - 20 menit. Saat sampai di curug, Anda bisa melihat tingginya air terjun yang berkisar 20-an meter. Menariknya, Anda yang ingin mandi dicurug tersebut jangan terlalu dekat dengan hilir air terjun ya karena lumayan dalam, namun disekitarnya, airnya hanya setinggi dada orang dewasa, cukup aman buat Anda yang belum lihai berenang.
          Alamat : Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

          9. Air Terjun Sidoharjo
          Curug Sidoharjo
          Air Terjun Sidoharjo jatuh dari tebing setinggi 75m. tetapi tidak memiliki aliran air sederas Curug Siluwok. Dari atas pemandangan lebih terlihat luas.
          Alamat : Gerbosari, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta


          Gunung Kidul

          10. Air Terjun Sri Gethuk
          Air Terjun Sri Gethuk
          Pada bulan Desember 2014 lalu, air terjun ini dijadikan tempat syuting salah satu film Hollywood berjudul Beyond Skyline. Hingga air terjun ini begitu populer dikalangan pelancong. Air Terjun ini berada di tepi Sungai Oyo, Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Uniknya, air terjun ini tidak langsung jatuh dan bermuara ke sungai, melainkan jatuh dan mengalir di bebatuan sekitar sungai terlebih dahulu sehingga terlihat lebih cantik. Kita bisa berjalan kaki atau menaiki perahu rakit sederhana dengan menyusuri Sungai Oyo untuk bisa sampai ke spot air terjun ini.

          11. Air Terjun Jogan di Pantai Jogan
            Air Terjun di pantai Jogan
            Air Terjun Jogan letaknya tepat bersebelahan dengan pantai. jadi, air yang berasal dari sumber mata air, mengalir ke sungai kecil, dan langsung jatuh ke pantai (laut). Secara bersamaan berwisata Air Terjun air Tawar, dan bermain di pantai yang airnya asin. Pemandangan menarik juga ketika mengikuti jalan setapak menuju pantai nglambor melihat batas cakrawala dan sunset / sunrise.


            12. Air Terjun Kedung Kandang
              Air Terjun Kedung Kandang
              Air Terjun Kedung Kandang terletak di Padukuhan Gunungbutak Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.  Puncak Ngekong merupakan puncak gunung atau bukit di kawasan ini. Dari atas Puncak Ngekong pengunjung dapat melihat panorama alam indah kawasan yang berada di bawahnya. Kedung Kandang dan Njurug Talang Purba dikelola Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul merupakan air terjun musiman karena air mengalir di saat musim penghujan atau setelah ada hujan. Bedanya Kedung Kandang merupakan air terjun bertingkat dimana air mengalir dari atas tebing perbukitan menuju ke bawah melalui sungai dan batuan yang letaknya bertingkat seperti anak tangga bila dilihat dari kejauhan.

              13. Curug Nglarangan
              Curug Nglarangan
              Curug Nglarangan Gedangsari, Gunung Kidul, DIY. Masih bertetangga dengan curug Indah Tegalrejo, Gedangsari. Curug ditengah rimbunnya pepohonan, menuju lokasi harus trekking & lompat dari satu batu ke batu lainnya, dan hati2 ketika melangkah karena beberapa bagian cukup licin.Alamat :  Nglarangan kec. Gedangsari kab. Gunungkidul Yogyakarta.

              14. Curug Gede
              Jurug Gede Gunung Kidul
              6 anakan Jurug Gedhe : Randu Kembar, Situs Batu gajah, Goa Boras, dan 3 curug lainnya.
              tempat ini masih belum terlalu ramai, walopun ada lokasi outbond disana. Air Terjun Curug Gede Gunungkidul merupakan air terjun musiman karena hanya ada pada saat musim penghujan. Air terjun Curug Gede ini lokasi tepatnya adalah berada di bawah Jembatan Gantung Lemah Abang.
              Alamat : Gembyong, Gunungkidul,, Ngoro-oro, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta




              15. Curug Tamansari / Jurug Lengkongsari / Jurug Pengkok

              Curug Tamansari / Jurug Lengkongsari / Jurug Pengkok
              Lokasinya cukup menyejukkan, karena ada beberapa gazebo yang didirikan dengan langsung berlatar belakang air terjun. Di lokasi ini, ada beberapa titik air terjun, yaitu curug tamansari, dan curug sumurup yang berada diatas air terjun tamansari. Tiga aliran air di lokasi yang berbeda-beda, Air Terjun Banyu Sumurup, Grejek-grejek, dan Lengkongsari, jatuh secara bersama-dari ketinggian 15 meter ke Sungai Semoyo yang mengalir di bawahnya.
              Alamat : Pengkok, Semoyo, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta


              16. Luweng Sampang
              Luweng Sampang Gunung Kidul
              Katanya siy lebih enak lewat klaten, tapi ya monggo ada banyak jalan kok menuju ke roma. Menurut cerita Air terjun Luweng Sampang ini pernah digunakan Sunan Kalijaga untuk bertapa.
              Alamat : Jl. Juminahan, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari Gunungkidul, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

              Bantul

              17. Curug Jurang PuloSari
              Curug Pulo Sari
              Curug yang berlokasi di Krebet, SendangSari Panjangan Bantul ini masih sangat alami. Bisa dibilang untuk menuju tempat yang mblusuk ini harus melewati jalan yang sempit dan licin. Jadi persiapkan sepatu danbaju yang sesuai yah..
              Akses : dari Kota Jogja – Jl. Bantul – Desa Wisata Kasongan – Desa “Pengrajin Wayang Kulit” Gendeng – Desa Krebet – perempatan patung semar Desa Krebet – ikuti petunjuk menuju Jurang Pulosari.


              18. Curug Banyu Nibo
              Curug BanyuNibo
              Curug Banyunibo ini juga tidak jauh dari Curug Pulo Sari. Berlokasi di SendangSari Bantul Yogyakarta. Kira kira membutuhkan waktu 45menit dari kota jogja. Kebanyakan bilang lebih gampang mencari lokasi ini ketimbang ke Curug PuloSari



              19. Air Terjun Goa Cerme
              Goa dan air terjun Cerme

              Air terjun yang letaknya di dalam Goa Cerme ini cukup butuh tenaga yang extra tetapi akan segera dibayarkan setelah sampai di tempat tujuannya.


              20. Air Terjun LEPO
                Air Terjun Lepo

                Air Terjun Lepo yang terletak di Dlingo Bantul Yogyakarta ini mempunyai 3 tingkatan yang mana memiliki kedung tersendiri untuk bermain air. Dan tiap tingkatan memiliki kesan yang berbeda. Suasana yang masih alami cocok untuk melepas lelah.


                21. Air Terjun Randusari
                  Air Terjun Randusari

                  Air Terjun Randusari ini terletak di Dlingo, Bantul Yogyakarta. Letak air terjun ini memang lumayan jauh dari pemukiman warga, untuk dapat sampai di Air Terjun Randusari kita harus berjalan kaki sekitar 200m, dalam perjalan tersebut kita akan melewati jalan setapak diantara persawahan. Memang cukup melelahkan bagi yang tidak hoby jalan kaki, tapi setelah sampai rasa lelah langsung terbayarkan oleh eloknya pemandangan Air Terjun Randusari.


                  22. Air Terjun POGOG
                    Air Terjun Pogog
                    Jikalau mau ke pogog, sebelum balai desa wonolelo, ada pertigaan, pas pondok pesantren binaul ummah, ambil kiri, naik terus, sampai bertemu dengan Taman kanak2, setelah itu manyusuri jalan cor blok, jalur ini biasanya digunakan oleh motor trail, grojokan pogog ini lumayan tinggi, lebih dari 50 meter, tapi medannya lebih sulit daripada surupethek.
                    Peta Lokasi - Pictures


                    23. Air Terjun Surupethek
                    Air Terjun Surupethek
                    Menuju ke Air Terjun Surupethek Bojong, Wonolelo, Pleret, Bantul ,Yogyakarta harus berjalan hati-hati di jalan yang licin penuh lumut,kerikil-kerikil yang kapan aja dapat membuat anda jatuh terpeleset.


                    24. Air Terjun Tuondo
                      Air Terjun Tuondo

                      Tuondo dalam bahasa jawa arttinya lewat tangga. Jadi dinamakan air terjun tuondo mungkin karena air terjunnya turunnya selangkah demi selangkah seperti lewat tangga.



                      25. Air Terjun Banyunibo di Sanggrahan Muntuk Dlingo Bantul Jogja
                        Air Terjun Banyu Nibo Sanggrahan

                        Air terjun ini berada di Sanggrahan Muntuk Dlingo Bantul Yogyakarta




                        26. Air Terjun Banyu Nibo Seropan
                          Air terjun Banyu Nibo Seropan

                          Air terjun dengan nama yang sama tetapi berada di Seropan Muntuk Dlingo Bantul Yogyakarta. berseberangan dengan air terjun Banyu Nibo Sanggrahan.



                          27. Air Terjun Goa Selarong
                          Air terjun Goa Selarong
                          Goa Selarong ternyata memiliki sensasi air terjun yang menarik. Kucuran air dari tebing sungai kecil berketinggian 20 meter, begitu deras melaju. Ada dua aliran sungai, pertama di sebelah selatan Goa Putri yang tidak terlalu curam namun bergelombang tantanan batu kapur alami mampu membentuk liku air justru menjadikannya eksotik. Dan air terjun di sebelah utara Goa Lanang memberi sensasi tersendiri. Kucuran air dari ketinggian juga menhadirkan suasana romantis sehingga tempat ini pas dijadikan persinggahan sejoli memadu kasih. Selain banyak dikunjungi pelajar pada hari-hari libur, Selarong juga menjadi tempat menarik berbagi cinta. Lokasi air terjun juga menjadi tempat favorit untuk berfoto ria.
                          Alamat : Guwosari, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta – perempatan lampu merah setelah gapura selamat datang di Kota Bantul ambil kanan – ikuti jalan tersebut untuk sampai ke Goa Selarong.

                          28. Air Terjun Parangtritis
                          Air Terjun Parangtritis / Parangendog
                          Air terjun ini hanya ada ketika musim penghujan. lokasi nya sebenarnya pantai parangtritis / pantai parangendog ( karena tidak ada batas panati patangtritis dan pantai parangendhog ). menuju ke pantai parangtritis lalu ke arah timur ( bukit bebatuan ).


                          29. Air Terjun Gedangan Bantul
                          Grojogan Seribu Batu

                          Air terjun Gedangan ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter dengan muara yang berada dibawahnya hanya sedalam kurang lebihnya 1 meter. Air terjun ini juga dikenal dengan nama lainnya yaitu Air Terjun Seribu Batu karena disekitar lokasi air terjun ini banyak dikelilingi oleh bebatuan yang asalnya dari gunung api tua Ngelanggran. Ada pula air terjun lain, seperti Grejeng, Kedung Progo, Kedung Blimbing dan juga Kedung Grojog akan tetapi Air Terjun Gedangan adalah air terjun yang paling sering dikunjungi orang.  Lokasinya berada di kawasan Giriloyo, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogjakarta.
                          Alamat : Giriloyo, Wukirsari, Imogiri,  Bantul, Jogja

                          Sleman


                          30. Air Terjun Tlogomuncar
                            Air Terjun Tlogo Muncar

                            Hawa Sejuk plus Air terjun yang airnya dingin... ? brrrr...
                            lokasinya di Plawangan kaliurang sleman yogyakarta. masuk dari kawasan tologoputri lalu menuju ke bukit plawangan.

                            31. Air Terjun Curug Kembar
                            Air Terjun Curug Kembar Sleman
                            Berada di wilayah yang tersembunyi diantara rimbunan pepohonan di perbukitan Prambanan Curug Kembar terletak di Dusun Candisari, Wukirharjo, Prambanan, Sleman. Curug yang dikenal dengan nama Curug Kembar Jurang Gandul ini mungkin belum banyak diketahui oleh para traveller.
                            Akses jalan yang bisa dibilang sulit dan licin di musim penghujan, mengharuskan untuk tetap berhati-hati selama di perjalanan menuju ke lokasi air terjun eksotis ini. Saat Kamu berada di kecamatan Prambanan jangan cuma mengunjungi Candi Prambanan, cobalah untuk mampir di tempat ini.
                            Di balik aliran air terjun terdapat rongga yang memungkinkan Kamu untuk menikmati keindahan unik dari bawah. Dengan ketinggian mencapai sekitar 10 meter Kamu bisa menikmati aliran air yang jatuh dan mendengarkan harmoni alam diantara gemericik air yang begitu menenangkan.