List Pantai di Kabupaten Gunung Kidul 3

  • > Pantai Ngrenehan
Datang ke Pantai Ngobaran tidak lengkap jika belum datang ke pantai di sebelahnya, yaitu Pantai Ngrenehan. Masih di Desa Kanigoro, pantai ini dikelilingi bukit kapur yang menjadi daya tariknya. Pasir pantai yang putih dan air laut yang berwarna hijau kebiruan membuat suasana sangat sempurna. Terlebih, ombak di sini tidak terlalu kencang.
Di sini, kita bisa melihat kegiatan para nelayan dan bahkan bisa menikmati ikan hasil tangkapannya. Di Pantai Ngrenehan memang disediakan rumah makan yang menyuguhkan aneka makanan laut, tentu saja semua hasil melaut para nelayan di pantai ini. Rasa? selera..
Lokasi Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Koordinat GPS: 8°7’17″S 110°30’50″E.

  • > Pantai Torohudan
Pantai Torohudan
Masih banyak wisatawan yang belum familiar dengan nama Pantai Torohudan. Pantai kecil ini letaknya berdekatan dengan Pantai Ngrenehan yang hanya berjarak beberapa ratus meter dari Pantai Ngobaran. Tepatnya, pantai ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul. Seperti pantai-pantai lain di Gunung Kidul, Pantai Torohudan juga dipercantik dengan pasir putih yang lembut yang terlihat begitu serasi dengan birunya air laut. Tak bisa disangkal, pemandangan indahpun akan segera menyambut Anda setibanya Anda di pantai ini.
Panjang garis Pantai Torohudan hanya sekitar 40 hingga 50 meter. Namun, tidak berarti pantai ini kalah indah dibanding pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Justru, hal inilah yang membuatnya semakin membuat penasaran. Apalagi dengan suasana yang masih sepi pengunjung, pantai ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat dari segala rutinitas.

  • > Pantai Ngrawah
Pantai Ngrawah merupakan salah satu pantai anti mainstream yang ada di kabupaten Gunung Kidul. Saat kamu berkunjung ke pantai pada hari kerja (weekdays) maupun weekend pun belum tentu ada orang yang datang ke sini.
Seperti yang sudah disinggung, pantai ini adalah salah satu pantai anti mainstream di Gunung Kidul. Benar-benar anti mainstream. Lokasinya berada di balik perkebunan penduduk sehingga mau tak mau kita harus berjalan melewati perkebunan tersebut untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Ngrawah
Lokasi pantai ini berada di sebelah timur Pantai Ngrenehan. Untuk kesana, kita bisa memarkir kendaraan di Pantai Ngrenehan. Selanjutnya, kita harus berjalan kaki selama sekitar 30 menit. 
Sebelum tiba di pantai ini kita akan melewati satu pantai lagi yakni pantai Toroudan.
Pengunjung Pantai Ngrawah ini bukanlah wisatawan biasa. Pantai ini biasanya dikunjungi oleh mereka yang ingin camping di alam bebas. Suasana yang sepi memang menjadikan Pantai Ngrawah seabgai tempat yang sangat pas untuk beach camp. Suasana di pantai Ngrawah sendiri tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Berpasir putih dan dikeliling banyak karang. Bedanya, pantai ini masih sangat sepi dan natural. Pantai ini seperti seorang perawan yang kesepian.

  • > Pantai Widodaren
Pantai Widodaren berlokasi di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul. Jalan untuk menuju ke pantai ini searah dengan pantai Ngrenean dan aspalnya lumayan hancur. Untuk akses menuju ke Pantai Widodaren ini juga lumayan terjal karena tangganya memakai tangga seadanya, bahaya untuk dilewati karena batu-batu karang di sekitarnya yang tajam. Dan ketika ombak pasang, pantainya agak berbahaya karena pantainya dibawah tebing, sehingga ombak bisa mencapai ujung tebing.Uniknya pantai ini adalah ada suara seperti seruling laut. Bener bener surga juga bagi camping mania dan mancing mania.

  • > Pantai Peyuyon
Gila Mancing yang biasanya suka ke Pantai Peyuyon, karena berdekatan dengan Pantai Wagah dan Pantai Mboyo yang terbilang banyak ikan untuk yang suka camping tidak perlu takut badai, karena terdapat gua yang cukup besar untuk mendirikan tenda. Silahkan datang ke pantai ini, karena keindahan dan keasriannya adalah milik kita semua, namun harus tetap menjaga kebersihan agar tetap asri dan indah.

  • > Pantai Kayu Arum
Pantai Kayu Arum (Ngarum) yang terletak di Desa Kanigoro, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Mungkin kalian belum pernah dengar namanya karena pantai ini memang belum banyak dikunjungi. Untuk bisa sampai ke sana, harus naik kendaraan sampai Baron Techno Park, terus jalan kaki melewati ladang petani sekitar 15 menit. Kedengarannya capek, tapi percaya, deh, perasaan itu bakal hilang saat melihat keindahan pantai ini.
  • > Baron Technopark BPPT
Baron Technopark yang terletak di Desa Planjan, Saptosari menjadi salah pusat pengembangan energi terbarukan di Indonesia dengan memanfaatan energi alam berupa tenaga angin, panas matahari dan gelombang air laut yang akan diolah menjadi pembangkit listrik. Kawasan ini pula menjadi pusat edukasi serta mendukung keberadaan pariwisata yang ada di Gunungkidul.
Selain itu juga sudah dibangun pusat pengolahan air tawar berbahan baku air laut, pengolahan biodiesel berbahan baku minyak goreng bekas, biji jarak, biji nyamplung serta pengolahan limbah batu putih dan pusat informasi dan multimedia. Selain itu juga sudah dibangun jam matahari sebagai sarana pendukung kawasan wisata Baron Technopark. Dari sini pula dapat menyaksikan panorama Pantai Baron dari sisi lain melalui tepi karang terjal yang berada di Baron Techno Park, lokasi ini dapat dicapai sebelum memasuki pintu kawasan wisata pantai di Gunungkidul.
Lokasi ini juga sangat cocok untuk wisata edukasi ataupun sekedar tempat bersantai sambil menyalurkan hobi memancing.
    Petunjuk Jalan - Pictures

    Lihat Juga :   Daftar Pantai di Bantul

    • > Pantai Parang Racuk
    Pantai Luwen ini terletak di antara Baron Techno Park dan Pantai Baron di desa Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto yang diambil dari Baron Techno Park, bisa melihat pesisir pasir pantai yang berwarna coklat. Kedua Pantai yang bersebelahan tetapi nampak jelas perbedaan jumlah pengunjungnya, karena aksesnya yang memerlukan waktu dan tenaga extra.

    Petunjuk Jalan - Pictures

    • > Pantai Baron
    Pantai Baron adalah salah satu pantai yang menjadi favorit para wisatawan yang sedang berkunjung ke Jogja. Wisata Pantai Baron Jogja memiliki rating yang tinggi diantara deretan pantai-pantai yang ada di Jogja. Nama Pantai ini sebenarnya berupa teluk yang diapit oleh dua buah bukit di sisi kanan dan kirinya. Pasir berwarna cokelat menghampar di sepanjang pantai. Di atas pasir itu, berjajar perahu-perahu nelayan membelakangi lautan. Kapal-kapal itu baru pulang dari melaut atau sedang beristirahat kala musim melaut belum tiba. Pantai Baron memang menjadi dermaga bagi para nelayan untuk berangkat dan pulang untuk mencari nafkah. Sehingga, di kawasan pantai ini juga dilengkapi dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sebagai pasar para nelayan untuk menjual hasil tangkapannya dan Mercusuar di tanjungnya.

    Petunjuk Jalan - Pictures
    <<      >>

    1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

    0 komentar: