Daftar Pantai Pantai di Gunung Kidul 5

  • > Pantai Sundak
Pantai Sundak dan lingkungannya sangat menakjubkan. pasir putih yang resik dan air laut yang jernih. berjalan dari bibir pantai ke tengah laut yang relatif dangkal hingga sejauh 30 meter dan menjumpai batu-batu karang kecil berjajar dan menjadi persembunyian biota-biota laut yang mungil.
Tampak beberapa bukit batu karang dan batu kapur di utara pantai dengan tinggi sekitar 12 meter. yang melatari pantai dan menambah keelokan pesona alam kawasan Pantai Sundak. Di dalam salah satu bukit batu karang tersebut terdapat gua, yang di dalamnya ada sumur air tawar yang menjadi sumber mata air.
Sepanjang pantai dihiasi  pohon-pohon yang membuat sejuk hembusan angin laut di sekitar pantai. Di sore hari, dari atas Bukit Watu Samudra, dapat menikmati cantiknya matahari terbenam di ufuk Samudra Hindia.

  • > Pantai Somandeng

Ketika di Pantai Somandeng, di sebelah barat , Di balik Bukit WatuSamudra terdapat pantai Sundak, dan di balik bukit sebelah timur, terdapat Pantai Pulang Sawal
  • > Pantai Indrayanti / Pantai Pulang Sawal / Pantai Pulang Syawal / Pantai PulSa
Pantai Indrayanti terletak di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk mencapai pantai Indrayanti, bagi yang menggunakan kendaraan sendiri bisa langsung menuju arah Wonosari.  Beberapa penginapan yang dibuat dengan konsep rumah panggung yang menyerupai honai (rumah adat Papua) pun menghiasi pemandangan. Dan ada pula persewaan Jet ski yang bisa kita manfaatkan. Berjalan-jalan di air saat airnya surut sungguh sangat menyenangkan, kita bisa melihat dasar pantai dengan makhluk-makhluk laut yang mengagumkan. Namun tentunya kita harus berhati-hati untuk tidak menyakiti mereka dan juga kaki kita sendiri.
Memanjat bukit di sisi timur pantai indrayanti tidak akan membuat kita menyesal, karena sesampainya di atas bukit, pemandangan laut luas yang berbatasan dengan Samudra Hindia terhampar. Dan menengok ke arah timur, ada pantai yang berjejer setelah Pantai Indrayanti seperti Pantai Paragon serta perbukitannya.



  • > Pantai Trenggale
Pantai Trenggale yang terletak di balik bukit Indrayanti ini juga sangat menakjubkan. Pantai pasir yang putih kecoklatan serta ombak yang tenang dan angin sepoi sepoi sangat nyaman untuk bermain air atau bersantai sejenak di warung yang ada di dekat pantai ini.
Petunjuk Jalan - Foto 360

  • > Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal Memang mempesona bagi siapa saja. Salah satu pantai di Gunnugkidul ini saat ini sedang naik daun. Pantai Pok Tunggal terletak diantara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung di Gunungkidul, Yogyakarta. Dari Yogyakarta saya membutuhkan waktu 2,5 jam dengan perjalanan kendaraan probadi. Satu yang menjadi icon dari pantai ini adalah Pohon Duras yang tumbuh disekitar pantai ini. Ada satu Pocon Duras yang menjadi icon keindahan Pantai Pok Tunggal. Pada sisi sebelah timur pantai terdapat tebing dan bangunan sederhana untuk menikmati suasana pantai dari atas tebing. Nah kalaiu anda ingin menikmati sunset, pantai inin sangat cocok karena dapat menangkap moment sunset secara dramatis.


  • > Pantai Seruni
Pantai Seruni, pantai kecil disebelah timur pantai Pok Tunggal, Gunungkidul, Jogja. Sepertinya pantai Seruni ini menjadi lokasi kemping favorit terbukti dengan adanya sisa-sisa abu bakaran api unggun. Jalan masuk untuk ke pantai seruni ini melewati jalan masuk ke pantai Pok Tunggal namun belok, kiri pas pertigaan di jalur utama Pok Tunggal. Jalanan menuju pantai seruni masih berupa susunan batu hingga pengendara motor harus hati-hati dan berjuang keras jika tidak ingin terjerembab. Namun jalanan berbatu ini pasti akan sangat menarik bagi petualang yang menggunakan motor trail. Fasilitas umum tempat parkir dan kamar mandi sudah ada walau masih sederhana beda dengan pantai-pantai gunung kidul lainnya. Jika air laut sedang surut mainlah ke air terjun Seruni, 50 meter di sebelah timur pantai seruni, menyusuri tepian tebing.

  • > Pantai Tebing Cluak'an
Seperti namanya, Pantai Tebing Cluak'an ini memang benar benar berada di tebing perbukitan. Jadi kita tidak bisa bermain air disini. hanya perlu berhati hati karena tempat ini minim pengamananya.

  • > Pantai Ngetun
Pantai Ngetun juga jarang dikunjungi wisatawan, jadi masih sepi dan tenang. Namanya saja terdengar unik di telinga saya. Pantai Ngetun berada di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Pantai ini masih bersih dan sepi tanpa ada wisatawan lain, serasa pantai milik pribadi. Kita dimanjakan pasir putih yang masih alami dengan deburan ombak yang menabrak karang dan pegunungan yang hijau dengan teduhnya pepohonan di sekitar pinggiran pantai.
Sesekali kita berjumpa dan bertegur sapa dengan warga sekitar yang ramah. Jika kalian beruntung, bisa bertemu penyu yang naik ke daratan untuk bertelur pada musimnya. Masih banyak juga, ikan-ikan yang dapat dilihat di pinggiran pantai serta para nelayan yang sedang memperbaiki jaring-jaring sehabis menangkap lobster yang akan diletakkan di pinggiran tebing dari Puncak Watu Bangku.

  • > Pantai Timang
Pantai Tebing di Desa Tepus Gunung Kidul Wonosari Yogyakarta, dinamakan Pantai Timang. Mungkin dikarenakan Pantai ini menghadap Pulau Timang.  Atau lebih tepatnya dinamakan Pulau Timang dikarenakan ketika naik kereta gantung ( gondola ) menuju ke Pulai Timang ini kita seperti ditimang-timang oleh alam. Berani coba?

  • > Pantai Jogan
Pantai Jogan ini terletak di Tepus Wonosari Gunung Kidul Jogja. Disebut Pantai Jogan karena terdapat grojogan yang langsung mengalir ke pantai laut. Pesona pemandangan selain air terjun dari sumber mata air disini sangatlah indah, terutama perjalanan untuk menyeberang ke pantai sebelah Timurnya ( Pantai Nglambor lalu ke Pantai Siung )


<<      >>

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

0 komentar: