Daftar Pantai indah di Bantul Yogyakarta

Inilah daftar pantai yang ada di BANTUL jogja :
Kincir Angin Pantai Pandan Simo
  • > Pantai Pandan Simo
Pantai Pandan Simo merupakan Pantai pembangkit tenaga listrik dari Angin Pantai. Pandansimo berasal dari kata pandan yang berarti pohon pandan dan simo yang berarti macan. Di pantai ini terdapat berbagai wisata tradisi, seperti Merti Dusun, labuhan sedekah laut, dan pentas seni budaya. Disamping beberapa pesona tersebut, pantai ini juga menawarkan wisata religi seperti di Pandanpayung dan Pandansari.



Pantai Baru
  • Pantai Baru
Pantai Baru, pantai ini bisa dikatakan sebagai pantai paling muda di kawasan Yogyakarta. Pantai ini terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya di Dusun Ngentak, Poncosari, Srandakan. Kalau mau berwisata ke pantai ini, tinggal ikuti Jalan Raya Bantul hingga Palbapang lalu belok ke kanan menuju Jalan Raya Srandakan. Terus saja hingga ketemu Jembatan Kali Progo. Ambil jalan ke kiri tepat sebelum jembatan Progo. Ikuti saja jalan aspal, hingga menemukan plang penunjuk arah Pantai Baru. Saat ini Pantai Baru yang terletak Pantai Pandan Simo bagian Timur ( berbatasan dengan Pantai Kuwaru ) menjadi tempat wisata pantai yang handal mengingat potensi alam yang sangat menjanjikan, berupa pantai yang teduh, luas, landai, bersih dan nyaman serta terbebas dari polusi udara, sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Secara fisik Pantai Baru terpisah dengan Pantai Pandan Simo ( lama ) dengan batas hutan lindung. Akses menuju Pantai Baru juga relatif mudah bagi kendaraan bermotor maupun bus-bus pariwisata. Terdapat tempat parkir yang memadai bagi kendaraan-kendaraan pengunjung. Panjang Pantai Baru lebih kurang 4000 m, mulai dari Pantai Kuwaru sampai muara Sungai Progo. Pantai Baru sebenarnya sudah terkenal sejak lama, karena di daerah tersebut terdapat wisata spiritual berupa petilasan tempat pertapa keluarga Kraton Ngayojokarto Hadiningrat yang sampai sekarang petilasan tersebut masih ada dan masih terawat, serta setiap tahun di gunakan untuk ajang Kompetisi Roket Nasional. Selain itu, terdapat model percontohan sistem inovasi daerah berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (solarcell) dan Angin (kincir angin). Pembangkit listrik hybrid ini dapat dikatakan sebagai satu-satunya di Yogyakarta alias tidak terdapat di pantai lain. Pantai Baru juga didukung dengan jejeran warung kuliner yang siap memuaskan selera pengunjung akan seafood dengan harga terjangkau serta rasa yang lezat. Pengunjung juga bisa menikmati santap kulinernya dengan menggelar tikar di bawah cemara, sambil merasakan semilir angin pantai.





Pantai Kuwaru

Lihat Juga :  Pantai di Kulon Progo

  • Pantai Kuwaru
Pantai Kuwaru merupakan obyek wisata pantai yang tergolong masih baru dan baru dibuka untuk umum. Masyarakat di daerah pantai tersebut merasa tergugah untuk merawat lingkungan dengan menanam pepohonan seperti cemara untuk melindungi pantai dari gempuran ombak yang setiap waktu mengikis bibir pantai hingga daratan. Pantai ini menawarkan keindahan pantai dengan pemandangan pohon cemara yang luar biasa yang menghiasi pantai ini. Ada perbedaan tujuan kecenderungan wisatawan dalam negeri dan turis asing. Sebagai wisatawan dalam negeri, orang Indonesia gemar pergi ke pantai, tujuannya untuk melihat keindahan matahari terbit atau tenggelam, jalan-jalan, pacaran atau sekedar duduk-duduk sambil melihat ombak di pantai. Berbeda sekali dengan turis asing dalam berwisata ke pantai bertujuan untuk mandi, surfing, basah-basahan atapun sekedar berjemur Melihat kecenderungan perbedaan tujuan tersebut maka pantai Kuwaru ini cocok sekali untuk orang indonesia yang sebagai pecinta pantai dengan tujuan semacam piknik keluarga, gelar tikar dan makan bareng-bareng, jalan-jalan, foto-foto ataupun duduk-duduk sambil menikmati suasana indah di pantai Kuwaru ini. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga kurang cocok untuk olah raga surfing. Jika sore menjelang para pengunjung akan dibuat terkagum melihat pemandangan kabut disekitar pantai ini yang menjadikan suasana lain berada di pantai ini. Pohon cemara yang besar dan rimbun berjejer rapi menghiasi suasana di pantai ini serta banyaknya orang yang memancing menciptakan suasana yang santai dan berbeda dengan pantai lain.



Pantai Goa Cemara
  • Pantai Goa Cemara
Berwisata ke pantai menjadi salah satu pilihan yang selalu menyenangkan untuk menghabiskan waktu libur baik bersama keluarga maupun teman. Jika anda berada di Yogyakarta tidak ada salahnya mendatangi deretan pantai yang berada di selatan Kabupaten Bantul. Di selatan wilayah Bantul ini berderet beberapa pantai yang memiliki keindahan dan kekhasan masing-masing,dan salah satunya adalah Pantai Goa Cemara. Pantai Goa Cemara adalah salah satu pantai cantik yang terletak di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul. Pantai ini diapit Pantai Kwaru dan Pantai Pandansari. Seperti kebanyakan pantai yang berada di kawasan Bantul, Pantai Goa Cemara memiliki pasir berwarna hitam dengan ombak yang cukup besar. Yang membuat pantai ini spesial adalah keberadaan tanaman cemara udang yang rimbun di area pantai. Nama Gua Cemara-pun diambil dari rimbunnya pohon cemara di pinggir pantai.
Mercusuar di Pandansari
  • Pantai Pandansari
Pantai Pandansari ( Patehan ) yang berada di wilayah selatan kota Yogyakarta, sederetan dengan pantai-pantai yang ada di Bantul seperti Pantai Samas, Pantai Kuwaru dan Pantai Goa Cemara. Dari beberapa pantai tersebut yang paling unik adalah Pantai Pandansari karena pantai ini adalah satu-satunya pantai yang mempunyai mercusuar di Yogyakarta. Mercusuar ini berdiri dengan ketinggian 30 meter dan untuk menikmati pemandangan lewat mercusuar kamu tidak akan dikenakan biaya apapun. Kamu cukup masuk dan menaiki ratusan anak tangga yang melingkar. Fungsi dari Mercusuar yang berada di Pantai Pandansari tidak berbeda dari selayaknya mercusuar yang ada di bibir pantai pada umumnya, yaitu sebagai pemandu kepada nelayan yang berlayar menggunakan kapalnya di sekitaran pantai tersebut. Setelah sampainya di atas, kamu tidak lantas akan menikmati indahnya obak pantai yang bergulung-gulung indah namun kamu akan tertegun melihat hamparan pepehonan cemara yang membentang luas. Jenis pohon cemara yang tumbuh di daerah tersebut adalah pohon cemara udang. Untuk pemandangan pantainya yang dinikmati dari atas mercusuar akan terlihat seluruh pantai yang berada di Bantul sampai dengan pantai yang ada di Kulonprogo. Kamu juga bisa mendirikan sebuah camp untuk camping di pantai ini. Hilangkan rasakan ketenangan hiruk pikuk kendaraan, suara manusia dan bisingnya dunia. Dan ternyata di Pantai Pandansari ini terdapat sebuah kebun atau Agrowisata Buah Naga yang cukup luas. Kamu bisa deh memetik buahnya untuk dijadikan oleh-oleh untuk sanak keluarga dan teman di rumah atau malah kamu juga bisa langsung makan ditempat. Selain ada kebun buah naga, pantai ini sering dijadikan sebagai tempat pemotretan model, pemandangan sampai dengan prewedding. Jika kamu adalah pemburu sebuah spot pantai yang unik, tidak ada salahnya untuk mampir di Pantai Pandansari. Rasakan dan abadikan sendiri keindahan dan keunikan pantai ini.



Pantai Samas
  • Pantai Samas
Hamparan pasir Pantai Samas sering digunakan sebagai lokasi bertelur sejumlah penyu langka seperti Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Blimbing, dan Penyu Lekang. Berburu telur-telur penyu di sepanjang hamparan pantai tersebut sering dilakukan oleh nelayan setempat untuk berbagai keperluan. Namun, atau prakarsa dan kesadaran sejumlah nelayan pantai Samas bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta serta sejumlah lembaga swadaya lingkungan maka dibentuk Forum Konservasi Penyu Bantul dengan anggota para nelayan yang dulunya berburu telur panyu. Penyu-penyu sering mendarat di pantai Samas untuk bertelur. Forum ini menerapkan penetasan secara semi alami untuk telur-telur penyu yang akan menetas. Biasanya, oleh Forum Konservasi Penyu Bantul telur penyu yang telah diletakkan ke pasir oleh induknya akan dipindahkan ke sarang buatan. Setelah menetas, anak penyu tersebut ditempatkan di kolam pemeliharaan yang dikelola Karena yang dilakukan adalah penetasan semi alami, maka pelepasan ke laut harus menunggu 3 bulan agar lebih kuat. Anak penyu yang ditempatkan di kolam pemeliharaan diberi pakan telur semut (kroto) atau ikan yang dicacah. Setelah tiga bulan, penyu biasanya dilepas ke laut oleh murid-murid sekolah sebagai bagian dari pendidikan lingkungan, khususnya konservasi penyu.


Lihat Juga :  Pantai di Gunung Kidul

Tempat Pelelangan Ikan Pantai Depok
  • Pantai Depok
Sebuah pantai di jogja yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang lain seperti pantai parangtritis, Pantai Depok terletak di Kec. Kretek, Kab. Bantul, Propinsi D.I. Yogyakarta, Indonesia. Pantai Depok juga menjadi pilihan lain yang dapat di kunjungi oleh para wisatatawan. Selain keindahan pantainya, Pantai Depok juga menyediakan beberapa sajian kuliner yang khas. Karena itulah, pantai ini sering disebut pantainya yang gemar dengan sea food. Pantai Depok terletak dekat dengan Pantai Parangtritis. Pantai ini termasuk dalam kategori pantai yang asri dan memungkinkan pengunjung dapat menemukan keindahan panorama pantai lainnya yang tidak ada di Parangtritis. Pantai Depok juga mempunyai tanah lapang yang masih ditumbuhi oleh tumbuhan bakau. Saat ini, area bakau ini menjadi sarana parkir kendaraan pengunjung. Jika ingin langsung menikmati keindahan pantainya, pengunjung harus berjalan beberapa puluh meter dari area parkir. Jika kaki telah merasakan butiran pasir, pengunjung dapat segera melihat pemandangan Pantai Depok yang menyegarkan dan masih sangat asri. Ombak yang hadir silih berganti menepi dengan suara deburan yang begitu menenangkan telinga. Baiknya, jika sudah melalui lokasi TPI Depok, pengunjung jangan terlalu buru-buru ingin segera sampai di pantai. Luangkan waktu sejenak untuk berhenti dan menikmati pasar nelayan. Suasana tersebut akan lebih kuat jika Anda berkunjung di waktu akhir pekan. Biasanya aktivitas pada akhir pekan akan lebih ramai jika dibandingkan dengan hari biasa.





Pantai Pelangi
  • Pantai Pelangi
Pantai Pelangi Yogyakarta, Si Cantik Yang Tersembunyi. Mungkin tidak banyak dari anda pernah mendengar atau datang langsung ketempat ini. Bukan karena tidak ada, melainkan karena objek wisata ini sepertinya kurang mendapatkan perhatian. Kami belum menemukan info mengapa objek wisata ini terlihat terbengkalai, apa karena pembangunannya yang dihentikan atau memang belum selesai. Baiklah, kembali pada topik, pantai ini terletak tidak jauh dari pantai Parangtritis yang paling terkenal di Yogyakarta. Letaknya tepat ditengah antara jalur pantai Parangtritis dengan pantai Depok, yaitu di Jalan Parangkusumo, Yogyakarta. Pada bagian luar anda bisa melihat  tempat penangkaran ikan yang cukup luas. Sangat disayangkan jalannya tidak mulus dan masih berbatu-batu, tetapi ini merupakan satu-satunya jalur menuju ke pantai. Tetapi uniknya di dekat Pantai Pelangi ini terdapat Gumuk Pasir yang mana kita bisa bermain Sand-Boarding di gundukan pasir halus pantai tersebut.
Labuhan di Parangkusumo
  • Pantai Parangkusumo
Wisata Pantai Parangkusumo Bantul yang Penuh Mistis, adalah tempat wisata yang indah. Pantai Parangkusumo merupakan sebuah pantai yang terdapat di Kabupaten Bantul Provinsi DIY dan masih dalam satu deretan dengan Pantai Parangtritis. Jika ditempuh dari Kota Yogyakarta pantai ini berjarak sekitar tiga puluh kilometer. Pantai ini berhubungan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang deras, sehingga bagi pengunjung harus berhati-hati. Selain ombaknya yang deras, pantai ini juga memiliki daya tarik lain berupa hamparan pasir putih yang luas serta keunikan budayanya, yang ditunjukkan dengan adanya penyelenggaraan ritual khusus pada waktu-waktu tertentu.Cerita Mistis Pantai Parangkusumo : Ada cerita yang berkembang di Pantai Parangkusumo, yaitu seputar Batu Cinta yang terdapat di pantai tersebut. Batu Cinta yang ada di Pantai Parangkusumo ini terdapat dalam sebuah bangunan yang bernama Cepuri. Dua buah batu ini menurut mitos yang beredar di masyarakat merupakan tempat bertemunya Panembahan Senopati, Raja Kerajaan Mataram yang pertama dengan Ratu Kidul. Dalam pertemuan itu Panembahan Senopati memohon kepada Ratu Kidul untuk dapat memerintah Mataram. Ratu Kidul menyanggupi, namun syaratnya Panembahan Senopati dan keturunannya harus menjadi suaminya. Panebahan Senopati pun menyetujui, asalkan dalam hubungan itu tidak akan menghasilkan anak. Dan memang fakta sejarah membuktikan Panembahan Senopati dapat memerintah Mataram dan menjadikan Mataram sebagai penguasa di Tanah Jawa serta disegani oleh kerajaan disekitarnya.

Delman di Pantai Parangtritis
  • Pantai Parangtritis
Wisata Pantai Parangtritis berada di selatan Kota Yogyakarta tepatnya ada di Kecamatan Kretek , Kabupaten Bantul - Yogyakarta, Wisata ini mempunyai jarak sekitar 27 km dari pusat Kota Yogyakarta, untuk sampai di tempat ini sangatlah mudah, karena transportasi menuju ke pantai tersebut sudah banyak dan umumnya akan beroperasi sampai pukul 17.00 WIB. Selain itu apabila Anda mengunjungi tempat ini tiba lebih cepat, maka Anda akan mempunyai kesempatan untuk melihat pemandangan pantai dari atas tebing yang letaknya berada di belakang pantai ini. Nama dari tebing itu adalah Tebing Gembirawati. Disini Anda juga akan menemukan sebuah reruntuhan Candi yang masyarakat sekitar memberi nama Candi Gembirawati. Letak candi tersebut berada di sebelah timur tebing Gembirawati dan jarak dari bibir pantai hanya beberapa meter saja.Menurut keyakinan dari masyarakat Jawa, Objek wisata Pantai Parangtritis mempunyai hubungan yang sangat erat dengan kerajaan gaib Ratu Pantai Selatan atau biasa orang menyebutnya Ratu Kidul, dan merupakan penguasa laut selatan. sampai - sampai ada sebuah resort yang terinspirasi dari legenda tersebut sehingga memberinya nama Hotel Queen of the South. Parangtritis juga disebut sebagai pintu gerbang dari kerajaan laut selatan, oleh karena itu masyarakat sekitar mempercayai apabila ada seseorang yang datang kesana menggunakan pakaian berwarna hijau, maka orang tersebut akan mendapatkan musibah. Nama Parangtritis sendiri mempunyai kisah yang tersendiri, dimana kisah tersebut bermula pada jaman kerajaan Majapahit. Konon pada jaman tersebut ada seorang pangeran yang melarikan diri dari kerajaan dan datang ke tempat ini berniat untuk bersemedi. Nama pangeran tersebut adalah Pangeran Dipokusumo. Setelah dia melakukan semedi dia melihat tetesan air yang berasal dari cela - cela karang. dan karena kejadian tersebut dia menamai kawasan itu menjadi Parangtritis.
Pantai Parang Endog
  • Pantai Parang Endog
Jika Anda sedang di Parang Tritis, maka cukup berjalan kaki ke arah timur melewati sejumlah kelokan batu karang, tibalah Anda di Pantai Parang Endog. Parang Endog memberi suguhan alam yang tak kalah indah dibandingkan Parang Tritis. Pantai yang secara geografis berada di Dusun Girijati, Purwosari Gunungkidul ini, menjadi satu dari sekian banyak deretan pantai menakjubkan yang disuguhkan Gunungkidul dengan lokasi paling dekat dari Parang Tritis.
Pantai ini relatif lebih sepi ketimbang Parang Tritis. Sehingga lebih alami karena masih minim polusi. Ombak cukup besar sebagai ciri khas pantai selatan, tapi relatif lebih landai dibandingkan Parang Tritis. Parang Endog juga punya banyak kelebihan lain. Tumpukan karang berukuran besar di sejumlah lokasi, menjadi daya tarik tersendiri. Demikian pula bentangan hijau bukit karang tinggi di bagian belakang dari bibir pantai. Dari puncak bukit karang yang dikenal dengan nama Tebing Watugupit inilah, mencurah air terjun yang berasal dari aliran sebuah sungai di Gunungkidul. Sayangnya, air terjun ini hanya bisa dinikmati saat musim penghujan saja.



<<      >>

1 2 3 4