Daftar Pantai di Kab Gunung Kidul 2


  • > Pantai Ngluen
Pantai Ngluen terletak di Kecamatan Saptosari, tepatnya di Desa Krambilsawit, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Ngluen berada di sebelah timur Pantai Mbirit atau Pantai Butuh. Akses jalan menuju kesana belum ada jalan untuk kendaraan roda empat, harus memakai sepeda motor , kemudian berjalan kaki.
Pantai Ngluen benar-benar tersembunyi dan sepi pengunjung. Untuk panorama tentu saja tidak usah diragukan lagi. Pantai ini memiliki bibir pantai yang tidak terlalu besar, berpasir putih, dan ombaknya pun tidak terlalu besar. Selebihnya batuan karang dan tebing di sebelah kanan dan kiri pantai. Batuan karang dan tebing yang tinggi tersebut menambah pesona Pantai Ngluen lebih indah.
Saat surut, biota laut yang terlihat diantara batu-batu karang Pantai Ngluen. Karen pantai ini berkarang, jadi bukan tipe pantai yang bisa dijadikan untuk tempat berenang atau snorkelingSelain itu, di pantai ini belum ada fasilitas apapun, baik itu toilet, tempat berteduh ataupun warung makan.

  • > Pantai Butuh
Keindahan Pantai Butuh Gunungkidul Yogyakarta. Lokasi pantai Butuh terletak di Desa Krambilsawit Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat GPS S8°6’42” E110°29’8″. Pantai Butuh sejalur dengan Pantai Ngeden dan Nglimun. Saat di pertigaan terakhir jalan cor blok jika ke kiri menuju dua pantai tersebut, maka ambil arah ke kanan menanjak untuk menuju lokasi Pantai Butuh.
Pantai Butuh merupakan pantai berpasir putih yang masih alami. Nyaris belum ada kegiatan pengunjung dan pengelola wisata. Beberapa batu menghiasi bibir pantai sebelah barat serta pohon kelapa di sisi utara. Pantai Butuh diapit oleh bukit yang ditumbuhi rumput dan tanaman. Di atas salah satu bukit menarik untuk dijadikan spot mendokumentasikan suasana sekitar pantai.
Pantai ini sangat cocok untuk kegiatan camping dan mancing ikan dan lobster. Di pantai Butuh ini, kawasan pantainya masih sangat bersih dari sampah-sampah dan Asri. Airnya pun bening. Pantai ini tidak terlalu panjang, mungkin setara dengan lebar lapangan sepak bola. Pantai ini indah dinikmati dibawah, dan memukau dari atas.

Petunjuk Jalan - Pictures


  • > Pantai Mbirit
Mbirit berada di desa Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul. Lokasi tepatnya ada di koordinat 8° 6' 46.08S 110° 29' 18.26E atau silahkan berpatokan ke pantai Butuh dan Ngedan karena pantai ini berada di antara Pantai Butuh dan Pantai Ngedan Untuk ke sini, anda dapat menuju ke pantai Butuh dan menitipkan kendaraan di Pantai Butuh.
  • > Pantai Nglimun
Pantai Nglimun merupakan pantai kecil di antara perbukitan karst Gunungkidul. Akses menuju lokasi bisa dicapai dari Pantai Ngeden melalui jalan setapak yang terhubung hingga ke bukit karang cantik dan gardu pandang di sisi timur kawasan Nglimun. Di sebelah barat dan utara terdapat juga beberapa bukit dengan bangunan berdiri di atasnya, sedangkan di antara pantai dan bukit tersebut merupakan lahan rumput yang lumayan luas, cocok untuk area camping dan memiliki view indah untuk diabadikan.Lokasi Pantai Nglimun terletak di Padukuhan Bedalo Desa Krambilsawit Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat GPS S8°7'0"  E110°29'36".
Petunjuk Jalan - Pictures
  • > Pantai Ngeden
Pantai Ngedan panjangnya hanya sekitar 100 meter, dipenuhi hamparan pasir putih dan batu karang. Namun untuk melihat panorama perbukitan karst, bisa dilihat dari puncak bukit dengan melewati jalan setapak jogging track yang sudah selesai dibangun. Dari gardu pandang bisa melihat penyu besar di laut. Selain bisa menikmati keindahan alam dan laut dengan deburan ombak, dipantai dan sepanjang perbikitan sudah banyak warga yang menjajakan minuman dan makanan ringan.
Pada hari Sabtu dan Minggu maupun hari libur rata-rata sudah dikunjungi 500 – 1.000 orang. Karena objek wisata ini tergolong masih baru, dan kelompok sadar wisata baru saja terbentuk, sehingga untuk perkenalan pokdarwis belum menarik rtetribusi kecuali parkir kendaraan roda dua dan roda empat. 1 akses jalan untuk  3 Pantai ( Pantai Nglimun, Pantai Ngedan, Pantai Jugala )

  • > Pantai Pringjono
Pantai Pringjono masuk dalam wilayah Desa Krambitsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menuju ke Pantai Pringjono, harus menuju ke pantai Ngobaran / Pantai Nguyahan terlebih dahulu lalu tracking berjalan kaki.
Sepi, sunyi hanya suara deburan ombak dan suara dedaunan yang diterpa angin saja. Pantai ini dari ujung ke ujung yang tidak terlalu panjang dan mempunyai karakter yang sama dengan pantai Gunungkidul lainnya, berpasir putih dan lembut, jika laut sedang surut banyak biota laut seperti ikan-ikan kecil yang hidup di sela-sela terumbu karang. Keunikannya pantai ini pantai ini banyak batu karang besar yang berserakan di sisi sebelah timurnya, sepertinya batuan tersebut hasil patahan dari bukit tinggi yang ada di belakangnya. Terdapat pula banyak pohon Keben, salah satu pohon yang punya bunga dan buah yang unik serta merupakan pohon khas daerah Yogyakarta yang mudah kita jumpai di Halaman Kraton Yogyakarta. Di sisi sebelah barat terdapat batu-batu besar berbentuk agak bulat berserakan, berbunyi ketika diterpa ombak. Pantai ini tidak ada fasilitas apapun, jika anda ingin berkunjung kemari bawalah bekal secukupnya atau bisa membelinya di penjual makanan-minuman di pantai Nguyahan atau Ngobaran. so, Jaga Kebersihan agar tetap asri!

  • > Pantai Nguyahan
Pantai Nguyahan, lebih asik untuk mandi atau berenang di tepi laut bersama keluarga, walaupun akses menuju kawasan ini cukup jauh dan memerlukan kewaspadaan, karena jalan yang dilalui kecil namun beraspal, harus lebih berhati-hati ketika berpapasan dengan kendaraan roda 4. Di pantai ini, dapat menikmati segarnya buah kelapa hijau dengan harga terjangkau. Pastikan saat anda menjelajah pantai di kawasan selatan Kab. Gunung Kidul dilakukan pada saat musim kemarau, langit akan membiru, deburan ombak yang bersahabat. selamat berpetualang.

  • > Pantai Ngobaran
Pura di Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran yang bernuansa Kejawen, disana kita akan menemukan tempat pemujaan untuk penganut kepercayaan, aroma dupa terbakar kadang masih tercium dari sisa-sisa sesaji bekas sembahyang, patung-patung dan ornamen stupa seolah membawa kita ke Pulau Dewata. Pantai ini sangat terjal, deburan ombak lebih terasa mengganas, namun saat laut surut, kita dapat turun dan mendekat ke bibir pantai. Dan Bila anda berkunjung pada sore hari maka anda akan melihat aktivitas nelayan yang sedang mencari biota laut seperti landak laut, bintang laut, lobster dan kerang. Biota laut tersebut banyak ditemukan di cekungan-cekungan yang berada di sela-sela batu karang.


<<      >>

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

0 komentar: