Daftar Bakmi Jawa di Jogja Yang Enak dan Patut Dicoba

Bakmi Jawa adalah salah satu maskot kuliner yang ada di Jogja. Hampir setiap sudut kota Jogja selalu ada spot Bakmi Jawa yang dapat kita jumpai, Mungkin dalam waktu mendatang Yogyakarta akan punya julukan baru : Kota Seribu Bakmi Jawa.
Kisaran harga: Bakmi goreng/godhog Rp 15.000 per porsi, Minuman Rp 2.000-Rp 4.000 (2013)

Bakmi Jawa Rebus

Inilah Daftar Bakmi Jawa di Jogja yang enak dan patut untuk dicoba :
  • Bakmi Pele
Warung Bakmi Pele di Tenggara Alun Alun Utara
Suasa Makan Bakmi Jawa di Bakmi Pele yang unik adalah berada di dekat Alun Alun Utara Jogja. Sambil lesehan yang santai di lokasi Altar ditemani dengan minuman hangat pasti akan membuat kalian ketagihan. Bukan hanya suasana dan lokasinya saja, tapi rasanya enak. Kalau sedang musim liburan atau weekend bisa dipastikan antri. Pilihan makan bakmi pele juga terdapat di godean dan bantul.

Alamat : JL. Pojok Tenggara Alun-Alun Utara , Panembahan , Kraton , Yogyakart

  • Bakmi Kadin
Bakmi Kadin
Bakmi Karto Kasidin rada unik dibanding ama bakmi jawa lain, terutama dalam hal yang memasak. Disini kita bakal nemuin banyak sekali gerobak masak, karena emang yang masak ada banyak disini. Bakmi jawa yang mie-nya rada gede jadi mirip ama spageti. Jangan diraguin tentang rasanya, meskipun yang masak banyak dan beda-beda orang untuk rasanya tetap enak dan sama. Ni merupakan salah satu bakmi tujuan kalau sedang liburan di Jogja.

Alamat : Jalan Bintaran Kulon No. 6, Mergangsan, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151

  • Bakmi Mbah Mo
Spesial Bakmi Jawa Mbah Mo
Warung khusus bakmi Jawa yang lokasinya agak jauh dari kota dan tersembunyi tapi selalu ramai pelanggan. Bisa Antri sampe 1 jam untuk diantar pesanannya. Lama karena yang masak hanya ada 2 orang, 1 orang buat masak bakmi goreng dan 1 orang buat masak bakmi rebus dan masaknya juga satu-persatu. Tapi rasa  bakmi jawa dapat memuaskan lidah kalian.

Alamat : Jl. Dusun Conde, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (0274) 418676

  • Bakmi ShiBitsu
Bakmi SI Bisu
Bakmi Bisu ditenarkan oleh penjual yang tuna wicara. Ini juga salah satu legenda Bakmi jawa yang ada di Jogja Selatan. Menu selain bakmi jawa yaitu rica-rica ayam dan nasi goreng. Bakmi Shibitsu sendiri sudah melayani konsumen sejak 30 tahun yang lalu. Jadi kalian pasti akan mendapatkan Bakmi Jawa yang maknyuss.

Alamat : Jalan Raya Bantul No.106
  • Bakmi Mbah Gito
Bakmi Mbah Gito
Warung bakmi ini pasti bikin betah deh berlama-lama disni, menikmati bakmi jawa sambil ngobrol dengan keluarga atau kerabat. Karena tempatnya emang nyaman dan dapat menampung banyak orang. Jika kalian mau makan bakmi secara rombongan maka ini salah satu alternative yang dapat kalian coba.

Alamat : Jl. Nyi Ageng Nis No. 9, Daerah Istimewa Yogyakarta 0852-2840-8800

  • Bakmi Jombor
Bakmi Jombor
Salah satu legenda bakmi jawa yang ada di daerah Jogja Utara, tepatnya di daerah Terminal Jombor Jalan Magelang. Kalian dapat merasakan kaldu ayamnya begitu terasa di bakmi rebus. Untuk rasa kalian juga tidak perlu meragukannya, karena terbukti dengan selalu datangnya para pembeli.

Alamat : JL Raya Magelang KM 6.3 (Dekat Indomaret Bawah Fly Over Jombor) 081931786939

  • Bakmi Pak Geno
Bakmi Pak Geno
Melihat tempatnya yang kecil dan berada dikomplek pasar agak terheran karena tempat bakmi jawa ini memiliki banyak penggemar ( salah satunya adalah Alm Pak Harto). Disini juga dimasak satu-satu bakminya, jadi rada lama. Yah meskipun tempatnya kecil dan didepan pasar ternyata bakmi ini dapat membuat lidah kalian bergoyang.

Alamat  : Jl. Parangtritis, Pasar Prawirotaman

  • Bakmi Lethek Mbah Mendhes
Mas Gareng dan Bu Endang sedang masak
Mi lethek ini asal mulanya dari Bantul. Lethek berarti kotor. Dinamakan lethek karena mie-nya terlihat sedikit kotor dibanding dengan mie yang lain. Mi lethek terbuat dari tepung singkong dan gaplek (Singkong kering). Mereka membuka cabang di daerah Maguwoharjo. Jadi lebih dekat dengan kota jogja.

Alamat : Jalan Ring Road Utara, Meguwoharjo, Depok, Sleman 085100940338

  • Bakmi Mbah Hadi
Bakmi Mbah Hadi
Bakmi Mbah Hadi sudah mulai berjualan sejak tahun 1995. Bakmi Jawa yang enak pasti masaknya dengan anglo. Bakmi jawa emang enak, lokasinya deket ama Tugu, parkirnya tersedia. Sambil nunggu bisa selfie di jembatan gondolayu dengan background Kali Code.

Alamat : JL. C Simanjuntak No. 1, Yogyakarta (satu komplek dengan SPBU Terban) 0812-2721-670

  • Bakmi Mbah Wito
Bakmi Mbah Wito Ex.Pasar Imogiri
Walaupun Bakmi Mbah Wito berada di Wonosari, tapi layak jarak yang ditempuh dengan kelezatan mie. Pak SBY, serta pejabat penting lainnya pun juga sering kesiini. Mereka menggunakan kaldu dari ayam kampung asli yang menghasilkan rasa yang sangat luar biasa. Coba mampir kesini kalau kalian sedang wisata ke daerah Wonosari.

Alamat : Jl. terminal Semanu (komplek ruko terminal Semanu No. 11)


  • Mi Lethek Kang Sum
Mi Lethek Kang Sum
Mi Lethek merupakan warisan kuliner yang melegenda dan cukup populer di wilayah Bantul. Salah satunya Mi Lethek Kang Sum. Kang Sum melanjutkan usaha dari kakeknya pada tahun 1999 di jalan Makam Imogiri Bantul. Jangan kaget kalau lapaknya cukup sederhana, hanya menyediakan satu meja dengan 6 kursi, selebihnya lesehan.

Alamat :  Sekitar bekas Pasar Imogiri 0274-4477944, 08122940055

  • Bakmi Bu Giyo
Bakmi Bu Giyo
Ebi di Bakmi Jawa disini sangat terasa. Sehingga membuat rasanya yang unik dan khas untuk dicoba. Warung Bakmi Bu Giyo buka jam 17.00 sudah diserbu oleh pelanggan. dan karena hanya dimasak satu persatu maka agak lama menunggunya.

Alamat : Jl. M.T. Haryono 118 Jogja ( Dekat Jokteng Kulon ) 0274 - 389603

  • Bakmi Doring
Bakmi Doring
Tempat makan yang didirikan oleh Pak Suryono tahun 1985 ini termasuk tempat kuliner yang mampu bertahan lama karena kelezatan masakannya. Bakmi rebus di tempat ini disajikan dengan mangkuk agak lebar karena “banjir” kuah. Kuah bakmi rebusnya memang cukup banyak sehingga terasa sangat segar.

Alamat : Jalan Suryowijayan No. 348, Yogyakarta

  • Bakmi Bintaran Kulon ( Babinlon  )
BaBinLon - Bakmi Bintaran Kulon
Bakmi jawa disini selain enak, ada uniknya. yaitu  menyediakan Wedang Bajigur juga untuk sebagai teman makan bakmi jawa serta Wedang Sego

Alamat : Jl Bintaran Kulon no 1, Selatan persis Superindo.

  • Kompleks jajanan Alun Alun Kidul
Jajanan Alun Alun Kidul
Menikmati bakmi jawa, angkringan, jagung bakar, siomay, serta jajanan lainnya sambil melihat odong odong yang berwarna warni dengan musicnya tentu membuat suasana makan berbeda dengan lainnya.

Alamat : Seputaran Alun Alun Kidul.