wisata belanja di jogja 3

  • SENTRA PENGRAJIN GAMELAN
industri gamelan
Jauh dari hiruk pikuk kehidupan modern, Desa Wirun berada di salah satu pelosok Kabupaten Sukoharjo. Desa ini telah melekat erat cara tradisional gamelan desa wirun sukoharjo jawa tengah dengan Gamelan sejak jaman nenek moyang. Dahulu kala Desa Wirun terkenal sebagai desa Pengrawit (pemain Gamelan). Setiap upacara adat selalu diselenggarakan dengan menabuh Gamelan. Tak heran jika Kehidupan seni Budaya Jawa telah mendarah daging pada penduduk desa ini. Namun kemajuan jaman rupanya juga ikut mengikis kebudayaan. Sehingga tak sedikit pembuat Gamelan dan Pengrawit yang undur dari dunia Kesenian Jawa. Oleh karena itu berbekal penguasaan ilmu Gendhing Jawa, 50 tahun yang lalu Desa Wirun berubah menjadi Desa Pengerajin Gamelan. Salah satu sentra pembuatan Gamelan yang ada di tanah Jawa.
Peta Lokasi - Street View
  • SENTRA KERAJINAN BUNGA KERING
BUNGA KERING
Usaha Ibu Sudibyo yang diberi label Anggrek Lestari, mulai menapak sejak tahun 2000. Saya bersama tiga orang teman, memulai usaha sendiri dengan mempekerjakan para ibu di dusun Ngabean ini. Sekarang dengan 6 orang tenaga borongan, secara rutin saya memproduksi 7 jenis bunga: bungan anggrek dari bahan biji nyamplung, mawar, tulip, nanas klobot dan lontar, biji-bijian, anggur dan buah naga. Selain bunga kering saya juga memproduksi jenis kerajinan lain sesuai permintaan pelanggan. Saat ini yang sedang saya produksi : lidi hiasan berbalut gajih dari kulit ari pohon waru, souvenir pensil hiasan dan lonceng angin. Kapasitas produksi dalam sebulan mencapai 5.000- 10.000 pcs untuk bunga kering, lidi hiasan 1.500 pcs dan souvenir pensil hiasan 5.000 pcs. alamat : Ngabean Rt. 03, Triharjo, Pandak, Bantul, Yogya
Peta Lokasi - Street View
  • SENTRA JAJANAN PASAR SUBUH
jajanan pasar
Jogja juga terkenal dengan jajanan pasarnya. Nah, jika Anda sedang berada di Jogja dan ingin menikmati aneka kuliner ringan di pagi hari, maka tempat yang cocok bagi Anda adalah Trotoar Jalan Magelang sebelah utara pertigaan Jetis, jaraknya sekitar 3 menit berkendaraan dari Kampus UGM atau Tugu Jogja. Di pasar pagi ini, aneka macam jajanan pasar mulai dari yang manis hingga yang asin disajikan beberapa lapak pedagang yang memenuhi hampir sepanjang 200 meter trotoar jalan tersebut. Anda tak perlu buru-buru atau takut tidak kebagian jajanan di sini, karena pilihannya sangat banyak dengan harga yang terjangkau. Dengan jam buka dari pukul 03:00 pagi hingga 09:00 siang, Anda bisa menikmati dan membeli dengan harga murah produk-produk panganan tradisional ini dengan kisaran harga antara Rp 500,- hingga Rp 2.000/- per bijinya. Sistem layanan cepat diadopsi oleh pedagang jajanan di sini karena memang pasar pagi ini selalu ramai dikunjungi. Toko-toko modern yang pada jam yang sama buka, nyaris nampak sepi di tengah-tengah perburuan snack oleh masyarakatini. Waktu paling ramai adalah sejak matahari terbit hingga menjelang jam kantor dibuka. Oleh karena itu, jika Anda datang pada jam-jam ini, maka terkadang Anda harus siap mengantre
Peta Lokasi - Street View
  • SENTRA KULINER SATE KLATHAK IMOGIRI
sate klathak
Salah satu khazanah kuliner yang dimiliki masyarakat Indonesia adalah Sate. Sedangkan sate sendiri mempunyai ciri khas yang berbeda-beda seperti sate kambing, sate ayam, sate padang,, sate kepiting dan sate madura.
Dari sekian banyak sate yang tersebut diatas, ada sate yang cukup unik dan sate ini hanya tersedia di Yogyakarta. yaitu Sate Klatak Jogja. Apabila sate-sate yang lain dimasak dengan menggunakan bumbu yang beragam, maka sate klatak jogja hanya diberi bumbu garam dan dipanggang menggunakan jeruji besi. Sate ini kelihatan akan sangat sederahana namun kenyataanya sate ini banyak diincar wisatawan.Sate Klatak Jogja  disajikan dengan irisan mentimun, tomat dan kol. Tusuk sate yang digunakan cukup unik karena menggunakan jeruji besi sehingga daging sate bisa matang sempurna sampai di dalam.Asal dari sate klatak Jogja yaitu di Pasar Jejeran, Kecamattan Pleret Bantul. Akses untuk menuju ketempat ini sangat mudah. Dari terminal Giwangan menuju ke Selatan menyusuri jalan Imogiri Timur dan sampailah anda di perempatan pasar Jejeran. Penjual sate klatak di pasar Jejeran biasanya mulai pukul 18.30 hingga larut malam, mereka tidak bisa berjualan pada siang hari karena tempat tersebut biasanya dipakai untuk pedagang pasar. Sehingga untuk berjualan sate harus menunggu pedagang Pasar Jejeran pulang ke rumah. Akan tetapi apabila anda tidak sabar menunggu malam, anda dapat mencari warung sate yang buka di sepanjang jalan sekitar pasar Jejeran. Karena beberapa dari warung tersebut yang buka dari pagi sampai malam hari.
Peta Lokasi - Street View
oseng mercon
Nasi putih panas dipadu oseng-oseng super pedas meledak di mulut. Kelezatan kikil bercampur aneka bumbu dapur menggoyang lidah, menuntut kita untuk pantang berhenti menyuap. Dilihat dari bentuknya, tak ada yang menarik dari hidangan ini. Hanya nasi putih panas ditemani oseng-oseng sederhana berisi kikil, gajih, kulit, dan tulang muda. Orang Jogja menyebutnya koyoran. Terlihat sangat berminyak, ditambah kepungan irisan cabai rawit yang bijinya menempel di koyoran. Sedikit mengerikan. Bila didiamkan sebentar saja oseng-oseng ini akan membeku, kaku. Bukti kandungan lemak yang begitu banyak. Maka makanlah dengan cepat. Panas nasi putih juga bisa membantu memperlambat proses pembekuan lemak. Toh, makan mercon selezat ini mana bisa lambat-lambat, semua gerak cepat, tak sabar merasakan ledakan-ledakan selanjutnya. Kalau-kalau menyerah diserang pedas, menu lain seperti ayam, burung puyuh, dan lele akan membantu memulihkan lidah. Kapok lombok namanya, begitulah yang dirasakan para penikmat oseng mercon ini. Terengah-engah kepedesan begitu rupa, tapi tak mau berhenti. Dan besok rasanya ingin kembali, merasakan lagi ada mercon meledak di mulut. oiya, bukanya malam hari yaa..
Peta Lokasi - Street View
  • SENTRA WADAH EMBER PLASTIK
TOKO BARANG PLASTIK
Dipasar ini sangat terkenal sebagai pusat Grosir Barang-barang Plastik segala kebutuhan rumah tangga mulai dari ember tikar lemari panci cangkir teko apa saja yang terbuat dari
bahan plastik disinilah toko-toko besar maupun kecil berada.






Peta Lokasi - Street View
  • SENTRA ONDERDIL OTOMOTIF
toko onderdil mobil
Toko-toko onderdil, spare part motor dan mobil di jogja terbagi di 2 tempat, di jalan brigjend katamso dan di jalan magelang.
dan setiap minggu ada acara jual-beli mobil di sepangang jalan magelang pusatnya di TVRI.





  • SENTRA TOKO OLEH-OLEH
pusat oleh oleh
mampir ke jogja , tanpa oleh-oleh? lucu kalee..









1. TIMUR : jalan raya jogja-solo (dekat bandara)
2. MALIOBORO :  jl karel sasuit tubun ( sentra industri bakpia pathuk)
3. BARAT : jl wates ambarketawang
4. UTARA : jl magelang - gremeng
pengrajin piala dan plakat
Di sepanjang jalan Mas Soeharto ini banyak pengrajin piala dan plakat. yang tertarik langsung cuzz yach..





Peta Lokasi - Street View
psk sarkem
Emang ga bisa dipungkiri lagi, dan sudah menjadi rahasia umum. bahwa tempat ini adalah lokalisasinya jogja.
Yang mau "jajan" ingat TUHAN dan hati-hati penyakit. yang nemenin cepatlah cari usaha yang lebih halal.
Ada gula, ada semut. ada yang cari, ya ada yang sediakan. Simbiosis mutualisme?
Walaupun tempatnya masuk gang kecil, tapi ramai dikunjungi.


Peta Lokasi - Street View
Angkringan kopi joss
Angkringan - angkringan ini berada di sepanjang jalan mangkubumi ( sekarang jl margo utomo ) mulai dari tugu, hingga ke arah selatan dekat stasiun kereta api Tugu yogyakarta.
Tinggal pilih yang mana, dan tanya harga dulu sebelum dimakan.
Disini tersedia berbagai macam nasi kucing, sate kerang hingga sate bekicot, dan tentu saja kopi joss ( Charcoal Coffee ) yang melegenda. Turis selalu tertarik kepada kota Jogja sebagai kota wisata dan budaya. Kopi Joss mulai dikenal dalam negeri juga ke luar negeri. Mereka juga menyempatkan diri untuk mampir dan mencicipi Kopi Joss yang sudah terkenal dari mulut ke mulut karena unik dalam penyajiannya. Tidak mahal cukup dengan membayar Rp 5.000 Kopi Joss pun sudah siap dinikmati. Di sebelah Utara Stasiun Yogyakarta atau Stasiun Tugu, banyak dijumpai angkringan yang menyediakan menu utamanya Kopi Joss. Angkringan adalah sebuah gerobak dorong yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang biasanya terdapat di pinggir ruas jalan dan untuk ngangkring ( nongkrong ). Kata angkringan berasal dari bahasa Jawa (nangkring) yang memiliki arti duduk santai. Bahan kopi yang digunakan untuk membuat Kopi Joss adalah biji kopi tradisional pilihan terbaik yang didatangkan dari daerah Klaten, DI.Yogyakarta dan sekitarnya. Biji kopi diracik sendiri dengan cara disangrai, setelah disangrai ditumbuk hingga halus dan kemudian dimasukkan kedalam wadah kemasan. Cara tradisional tersebut yang mampu mempertahankan rasa dan aroma biji kopi dari proses pemetikan awal. Air yang untuk menyeduh Kopi Joss memasaknya harus menggunakan ketel atau sejenis teko besar yang terbuat dari kaleng dan menggunakan tungku arang. Setelah bubuk kopi dicampur dengan beberapa sendok kecil gula, bisa juga ditambahkan sedikit susu. Air panas yang sudah mendidih dalam tungku arang secara perlahan dituang ke dalam gelas berukuran kecil. Siraman air panas mendidih mengeluarkan asap dan aroma khas kopi yang sangat kuat saat bercampur dengan kopi dan gula di dalam gelas. Lalu diambillah arang dalam tungku yang nyala membara berwarna kemerahan. Setelah dipastikan tidak ada sedikit bekas debu arang pun yang tersisa, dimasukkanlah arang tersebut ke dalam gelas kopi. "Josssssssss," begitulah yang terdengar ketika arang yang dimasukkan ke dalam gelas kopi. lalu dinamakanlah Kopi Joss. Kayu arang yang digunakanpun untuk dicelupkan katanya tidak sembarangan dan kebersihan arang yang dicelupkan ke dalam segelas kopi terjamin kebersihannya, karena digunakan sekali.
Peta Lokasi - Street View
lesehan malioboro
Di sepanjang Jalan Malioboro terutama ketika malam hari berubah menjadi pusat jajanan lesehan. makanan yang ditawarkan bermacam-macam, dari pecel hingga puyuh goreng. Perhatikan harga sebelum membeli ya. dan siapkan uang receh untuk musisi jalanan karena lagu mereka bagus-bagus dan menggunakan alat musik bermacam-macam. Ingat lagu Kla Project - Yogyakarta? persis deh. Buka malam diatas jam 20.00


Peta Lokasi - Street View
Es Dawet Kalasan Prambanan
Jika anda berwisata ke Candi Prambanan, sempatkan untuk mampir di sentra dawet ini. Sisi Jalan raya Jogja - Solo, di bawah pohon rindang arah memasuki kota yogyakarta,menemani saat minum es dawet yang segar kala siang hari. Tersedia tape juga.





Peta Lokasi - Street View



<<      >>