40 Lokasi Wisata Belanja di YOGYAKARTA Yang Khas dan Asyik Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata belanja di Jogja, Oleh-oleh Jogja, Sentra produk, Shopping di jogja, sentra Produk

Banyak orang yang menganggap Yogyakarta sebagai tempat untuk pulang, terutama bagi mereka yang pernah menjadikan kota ini sebagai tempat perantauan. Tapi tak hanya rumah, Jogja jugalah surga tempat wisata. Ada seabreg destinasi tersembunyi yang bisa kamu sambangidi propinsi yang terletak di bagian tengah-selatan Pulau Jawa ini. Dari cave tubing di Kalisuci hingga terjun mencebur dinginnya air di Curug Indah, liburan di Jogja memang melahirkankesan tak tergantikan.

Jogja juga sanggup memuaskan keinginan kamu yang satu ini: belanja! Ya, kamu tak perlu menjejakkan kaki ke mal-mal mahal di kota-kota besar untuk menemukan pengalaman berbelanja yang berharga. Jogja menawarkan segalanya, dari kerajinan kulit berkualitas tinggi hingga pakaian jadi dengan jahitan rapi yang bisa kamu dapatkan di bawah Rp. 100.000.


Malioboro Street
Surga belanja pertama sudah pasti Malioboro, tempat para pedagang menjajakan barang sepanjang jalan yang ratusan meter panjangnya.
Siapa yang gak kenal Malioboro? Ruas jalan yang menjadi ikon Yogyakarta ini bakal jadi tempat pertama yang kamusinggahi ketika sampai di Kota Gudeg ini. Di sinilah jantung aktivitas kota Jogja berdenyut, di mana masyarakat Jogja berbaur dengan wisatawan.

Dari Stasiun Tugu sampai seberang Pasar Beringharjo, sepanjang jalan ini dipenuhi oleh jejeran toko, pusat perbelanjaan, sampai pedagang yang berjualan di emperan. Barang yang dijajakan pun sangat beragam, mulai dari batik, kaos, aksesoris, sampai tukang tato temporer. Yang jelas, menyusuri emperan toko di Malioboro untuk mencari oleh-oleh atau sekadar cuci mata bakal menjadi pengalaman yang menyenangkan buatmu.
Peta Lokasi - Street View
PASAR BERINGHARJO
Puas menyusuri emperan Malioboro, belok aja ke Pasar Beringharjo yang masih terletak di kawasan yang sama. Pasar tradisional ini usianya hampir sama dengan Kraton Yogyakarta yang berdiri sejak 1758. Selama berabad-abad, kawasan ini mejadi pusat ekonomi kota Jogja sampai menjadi pasar yang kamu kenal sekarang ini.

Di pasar ini, kayaknya hampir semuanya ada deh. Mulai dari aneka macam kain dan busana batik, jajanan pasar, bahan makanan, jamu-jamuan, gadget, sampai barang-barang antik dan pakaian dalam. Apalagi, semua ini masih bisa kamu tawar dengan harga lebih rendah, lho. Bahkan kamu bisa mendapatkan kemeja jadi berjahitan rapi dengan harga Rp. 60.000 saja!
Peta Lokasi - Street View

DESA WISATA KASONGAN
Kawasan Kasongan sangat terkenal di kalangan wisatawan sebagai sentra kerajinan gerabah atau keramik. Jadi, sayang banget kalau ke Jogja tapi gak sempat mampir ke galeri seni gerabah yang berderet di tempat ini. Siapa tahu, kamu menemukan guci atau patung yang pas buat mendekor rumah atau kamarmu, atau souvenir buat oleh-oleh.

Sentra kerajinan gerabah yang terletak di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul ini membuat dan menjual benda-benda dari gerabah seperti pot dan guci aneka motif, patung, hiasan dinding, peralatan dapur, furnitur, serta berbagai produkkerajinan lainnya. Penasaran dengan cara pembuatannya? Kamu bisa melihatnya langsung kok!
Peta Lokasi - Street View
Sentra Kulit Manding

Kamu suka berburu fashion item berbahan kulit? Datang aja ke desa wisata kerajinan kulit Manding yang terletak di Jalan Parangtritis KM 11, Bantul. Di sini, kamu bisa menemukan bermacam produk fashion yang terbuat dari kulit, seperti tas, sepatu, dompet, jaket, ikat pinggang, sampai pernak-pernik seperti gantungan kunci dan pigura. Harganya sendiri dibanderol antara Rp. 70.000 hingga Rp. 1.000.000.
Harga produk-produk kulit ini gak semahal di mal. Apalagi, kamu masih bisa ngenyang alias menawar harganya. Gak heran kalau tempat ini menjadi tujuan pemburu produk kulit, karena selain lebih murah, mutunya juga gak kalah sama yang bermerk. Selain wisata belanja, kamu juga bisa mengintip proses pengolahan dan pembuatan produk berbahan kulit yang dilakukan oleh pengrajin.
Peta Lokasi - Street View
Jika sejumlah desa wisata kerajinan di atas membuat dan menjual produk-produk yang spesifik, lain halnya dengan Pasar Seni Gabusan. Di area seluas 4 hektare inilah kamu bisa menemukan segala jenis lini kerajinan dari 400-an pengrajin, mulai dari kerajinan batik, gerabah, kulit, terakota, kayu, bambu, sampai logam.

Setiap jenis produk sudah dikelompokkan berdasarkan blok dan losnya. Jadi,kamu gak perlu capek-capek mampir ke setiap desa wisata untuk melihat-lihat produk yang dibuat. Tapi, mungkin kamu bakal bingung mau beli apa karena ada begitu banyak pilihan di tempat ini.
Peta Lokasi - Street View
Pasar Klithikan Kuncen
Ada yang bilang Pasar Klithikan itu pasar “maling”. Konon, kalau barangmu hilang di seputaran kota Jogja, kamu bisa menemukannya di pasar ini. Tapi, anggapan itu gak benar, pedagang di sini bukan penadah, kok. Jadi, jangan harap cintakamu yang lenyapbakal ketemu di sini. Hehehe.
Pasar Klithikan yang terletak di Pakuncen, Wirobrajan, ini adalah hasil relokasi. Dulunya, pasar ini adalah pasar tumpah yang buka tiap malam di Jalan Mangkubumi. Di pasar ini, kamu bisa menemukan beragam barang-barang bekas dan baru, seperti onderdil dan aksesoris kendaraan bermotor, barang-barang antik nan jadul, pakaian, serta ponsel baru dan bekas, mulai dari yang keluaran terbaru sampai yang lawas. Kalau kamu penggemar motor tua, pasti suka berburu onderdil antik di sini.
Peta Lokasi - Street View
WISATA BATIK KAYU
Kalau kamu mengira kerajinan batik itu cuma menggunakan medium kain, kamu salah besar. Di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, warganya gak menggunakan media kain untuk membatik, melainkan memakai kayu. Tapi, justru di situ daya tariknya, batik yang digambar di atas kayu oleh pengrajin menghasilkan beragam produk yang unik.
Barang-barang yang dihasilkan sentra kerajinan beraneka ragam. Ada topeng, wayang dan patung kayu, gantungan kunci, cermin, kotak perhiasan, dan masih banyak lagi. Pas banget buat kamu yang lagi nyari souvenir buat oleh-oleh atau pernikahan. Proses pembuatannya juga bisa kamu lihat sendiri, gak jauh beda dengan pembuatan batik kain. Oh iya, pernak-pernik hasil kerajinan batik kayu ini juga sudah merambah pasar mancanegara lho.
Peta Lokasi - Street View
Kantor Kecamatan Kotagede
Kawasan yang sudah sejak lama disebut sebagai pusat pengrajin perak terbesar di Indonesia ini, memang mampu “membius” pengunjung dengan berbagai koleksi kerajinan yang bernilai seni tinggi. Tempat belanja perhiasan perak yang murah ini dapat ditempuh sekitar 30 menit atau 6 KM dari pusat kota Jogja. Jika anda datang ke Kotagede, disarankan pagi hari. Selain terhindar dari kemacetan, anda akan memiliki waktu luang yang cukup lama untuk memilih produk souvenir ukiran perak yang tersedia di kawasan ini.


Peta Lokasi - Street View
MIROTA BATIK MALIOBORO
Inilah tempat belanja favorite banyak orang terutama bagi wisatawan yang kurang bisa menawar. Harga yang dipajang sangat murah untuk produk berkelas yang dijual di sini. Lokasinya masih di jalan Malioboro Jogja dan berseberangan dengan Beringharjo. Supermarket souvenir ini memiliki beberapa cabang yang tersebar di pelosok wilayah Yogyakarta, termasuk cabang Mirota Batik yang ada di luar kota seperti: Surabaya dan Tangerang. Yang disukai oleh pengunjung yang berbelanja di sini adalah ruangannya dingin (ber-AC) dan karyawannya cukup banyak, sehingga proses transaksinya dapat dilakukan dengan cepat. Mirota ini memiliki setting bangunan yang mirip dengan Toko Krisna yang merupakan salah satu lokasi wisata belanja di pulau Bali, yang menjual beragam bentuk produk yang cocok sebagai oleh-oleh
Peta Lokasi - Street View
pahatan batu muntilan
Jika anda mengarahkan kendaraan yang ditumpangi menuju kota Magelang, maka di perbatasan dengan Jogja terdapat tempat yang disebut Muntilan. Belanja aneka patung murah dan pahatan lainnya yang terbuat dari batu adalah karya seni yang harus anda miliki. Taman dan ruangan di rumah anda sangat layak dihiasi oleh souvenir yang berbentuk patung maupun arca yang mirip dengan arca di candi Borobudur, yang dijual di Muntilan ini. Jika ingin memberi oleh-oleh untuk saudara atau kerabat, pastikan anda ukur volume dan beratnya agar tidak merepotkan saat dibawa ke kota anda.

Peta Lokasi - Street View