Daftar Goa di Kulon Progo Yogyakarta

A. Goa Kiskendo | Petunjuk Jalan - Street View - Video

Goa Kiskendo
Goa geoheritage dengan ornamen stalagtit dan stalagmit. Goa yang tak jauh dari Goa Sumitro ini mempunya area masuk Goa dengan Relief cerita ramayana.
Alamat : Jalan Goa Kiskendo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.



B. Goa Sumitro | Petunjuk Jalan - Street View - Video
Goa Sumitro
Goa Sumitro dan Goa Kiskendo sebenarnya merupakan satu kesatuan. jadi di goa ini banyak terdapat stalagtit dan stalagmit. Goa petilasan Pangeran Bambang Sumitro ( salah seorang putra Pandawa Raden Harjuna dari kisah pewayangan Mahabarata ) ini terletak hanya sekitar 200 meter di bawah goa Kiskendo. Keadaan stalaktit dan stalakmit yang masih alami menambah pesona pemandangan alam bawah tanah. Goa ini sangat digemari para pecinta alam dan caver juga oleh institusi untuk mengadakan penelitian ilmiah. Goa Sumitro mempunyai mulut vertikal dan mulut horisontal, dengan sungai bawah tanah yang mengalir di dalam goa. Apabila melanjutkan perjalanan sekitar 2 km ke arah barat daya, wisatawan dapat menyaksikan petilasan perjalanan cinta “Bandung Bondowoso” berupa Watu BlencongGunung Kelir dan di Tamanan, turis dapat menyaksikan indahnya pesona kabupaten Kulon Progo dan waduk Sermo.



C. Goa Kidang Kencono | Petunjuk Jalan - Video
Goa Kidang Kencono
Mitosnya, sering terlihat 2 kijang di dalam goa, namun tidak bertambah. Mulut goa berupa lubang sempit berdiameter sekitar dua meter saja dan sedikit curam. Begitu masuk ke tubuh goa, sebuah ruang cukup lapang dengan stalaktit dan stalagmit yang saling menjulang serta batu-batu berukuran besar langsung tampak menyambut. Gemericik air dari aliran sungai kecil menggema di dalam goa serta sesekali ditimpali cericit kelelawar penghuni goa. Nuansa eksotis pun semakin menyeruak. Apa bila masuk di goa ada setalakmid yang begitu menawan dan menarik dengan berbagaimacam nama sesuai dengan bentuk setalakmid terbesut ( Langkit Kuntoro, Ringin Kurung, Bulus, Pancoran Manik, Candi Sewu )
Alamat : Dusun Sabrangkidul, Desa Purwosari, Kec. Girimulyo,Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta



D. Goa Sriti | Petunjuk Jalan - Video
Petunjuk Goa Sriti Kuon Progo
Lokasi Goa Sriti Jogja ini ada di Purwoharjo Samigaluh Kabupaten Kulonprogo. Dari Jogja ke arah Puncak Suroloyo pasti lewat. Pastikan untuk ditemani juru kunci atau penduduk sekitar untuk masuk ke dalam goa. karena pernah didapati di dalam goa menjadi sarang monyet putih. Pangeran Diponegoro dilantik menjadi Sultan Abdul Hamid Herucokro Amirul Mukiminin Sayidin Panatagama Khalifatullah Tanah Jawi ( Sultan Abdul Hamid ).
Alamat : Purwoharjo Samigaluh Kabupaten Kulonprogo, Yogya



E. Goa Seplawan | Petunjuk Jalan - Street View - Video
Goa Seplawan
Letak Goa ini berada di jajaran perbukitan menoreh perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Alamatnya : Desa Donorejo, Kec. Kaligesing,Kec. Purworejo,Jawa Tengah ( dekat candi Gondo Arum )


F. Goa Silodo | Petunjuk Jalan
Goa yang dikenal masyarakat dusun sokomoyo dengan sidatnya yang cukup banyak didalam goa tersebut. lokasi goa ini tak jaughdari curug / grojogan pelangi segembor dan bukit gunung kelir.


G. Goa Kebon | Petunjuk Jalan - Street View - Video
Goa Kebon Panjatan Kulon Progo
Goa Kebon kini dijadikan Goa wisata edukasi. dinamakan goa kebon mungkin karena berada di tengah kebun dan berada di cekungan tanah ( lebih rendah ). menurut cerita, jika menyusuri goa yang selalu dialiri air terjun ini, kita akan muncul di permukaaan di lereng gunung merapi. Alamat : Krembangan, Kulon Progo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta


<<         >>


1 2 3 4 5